Resmi Dinyatakan Sebagai Pria, Nama Aprilia Manganang akan Diubah

- Rabu, 10 Maret 2021 | 10:02 WIB
Aprilia Manganang. (ANTARA/Instagram/@manganang92)
Aprilia Manganang. (ANTARA/Instagram/@manganang92)

Mantan atlet voli putri Aprilia Manganang resmi dinyatakan sebagai laki-laki oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Nantinya, nama Aprilia Manganang akan diubah.

Andika memastikan Aprilia Manganang akan dibantu untuk mengurus keperluannya, termasuk pengubahan namanya.

"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang diinginkan," ujar Andika dalam jumpa pers, Selasa (9/3/2021).

Perubahan nama Aprilia Manganang saat ini sedang diajukan ke Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara. Selain nama, Manganang juga akan mengubah status jenis kelamin, dari perempuan menjadi laki-laki.

"Dengan harapan setelah ini Sersan Manganang bisa menjadi seseorang yang memang ditakdirkan untuknya," kata Andika.

Manganang yang masuk ke dalam jajaran TNI AD sejak 2016 sudah menjadi bintara di komunitas ajudan jenderal. Namun, kata Andika, dengan kondisi itu, pihaknya akan melakukan evaluasi untuk memberikan tugas yang lebih pas untuk Manganang.

Baca juga: Ternyata Berjenis Kelamin Pria, Pengakuan Aprilia Manganang Mengejutkan, 'Bahagia Banget'

Andika menjelaskan bahwa Manganang, sejak lahir memang berjenis kelamin pria. Namun, dia mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia, yakni kelainan bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

Keluarganya dan tenaga medis yang menanganinya, kata dia, tak begitu paham dengan jenis kelainan ini.

Pada saat itu Serda Aprilia Manganang pun dinyatakan sebagai perempuan lantaran alat kelamin yang dimilikinya memang sedikit berbeda.

Pihaknya baru mengetahui kondisi mantan atlet voli putri itu setelah menjalani serangkaian pemeriksaan medis di Rumah Sakit Angkatan Darat Wolter Monginsidi, Manado dan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada awal Februari 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X