The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Luhut Sebut Inovasi dan Kemandirian Teknologi Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rakernas BPPT di Jakarta, Selasa (9/3/2021). (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
News

Luhut Sebut Inovasi dan Kemandirian Teknologi Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi

Rabu, 10 Maret 2021 10:24 WIB 10 Maret 2021, 10:24 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa inovasi dan kemandirian teknologi bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Sesuai dengan arahan Presiden, BPPT dapat menjadi otak pemulihan ekonomi secara extraordinary (luar biasa) melalui berbagai inovasi dan teknologi sehingga dapat menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia," kata Luhut dalam Rapat Kerja Nasional BPPT 2021 di Jakarta, Selasa (9/3).

Dalam keterangan tertulis yang diterima oleh ANTARA, Luhut mengungkapkan bahwa kemandirian teknologi, terutama pada implementasi program prioritas nasional, seperti food estate, harus diperkuat dan disegerakan.

Dengan berfokus pada pemanfaatan produk lokal, Luhut yakin Indonesia bisa mempunyai daya saing lebih dibandingkan produk impor.

Mantan Menko Polhukam itu mengatakan bahwa saat ini telah dikembangkan sejumlah produk teknologi dalam negeri, seperti alat mesin pertanian (alsintan), refused-derived fuel (RDF) sebagai teknologi untuk pengolahan sampah, dan juga teknologi implementasi aspal plastik.

Sejumlah teknologi ini akan terus diinovasikan supaya produk dalam negeri semakin berkembang.

Selain itu, ia juga meminta BPPT untuk menyukseskan reverse engineering pada teknologi kemaritiman dan transformasi digital dengan menambahkan sentuhan inovasi.

Lebih lanjut, Luhut juga mengatakan bahwa Kemenko Maritim dan Investasi, akan mendukung melalui koordinasi aturan hukum dan pendanaan yang dibutuhkan untuk menguatkan peran BPPT.

"Sehingga dapat menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi maju," katanya.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US