Jalur Daki Rinjani Akan Dibuka 7 Juli, Pemerintah Ingatkan Protokol Kesehatan

- Minggu, 28 Juni 2020 | 22:40 WIB
Arsip Foto. Petugas melakukan survei jalur pendakian hingga mendekati Danau Segara Anak di kawasan Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.(photo/ANTARA/HO BTNGR)
Arsip Foto. Petugas melakukan survei jalur pendakian hingga mendekati Danau Segara Anak di kawasan Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.(photo/ANTARA/HO BTNGR)

Jalur pendakian Gunung Rinjani dikabarkan akan dibuka lagi mulai 7 Juli mendatang, namun pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat ingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Rinjani ini risikonya rendah, tetapi tetap hati-hati, protokol COVID-19 ini harus selalu diterapkan," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah di Lombok Timur, Minggu (28/6) dilansir ANTARA.

Ia mengatakan bahwa dalam hal ini tantangannya adalah memastikan para pendaki dan warga sekitar disiplin menjalankan protokol pencegahan COVID-19.

"Kita akan hidup dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak bila beraktivitas di luar rumah sampai vaksin virus (penyebab) COVID-19 ini ditemukan," katanya.

"Ini kesempatan kita untuk melakukan perbaikan-perbaikan ke depan dan tidak hanya menjadi tempat wisata, akan tapi ini akan menjadi pusat edukasi, pusat pemberdayaan masyarakat, sehingga keberadaan Rinjani ini bisa terasa manfaatnya bagi NTB dan Indonesia," Rohmi menambahkan.

Wakil Gubernur juga mengemukakan perlunya membahas saran untuk mengizinkan pendakian Gunung Rinjani melalui satu pintu serta membangun jalur khusus pengendara kuda dan sepeda untuk memudahkan pembawa barang.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno mengatakan bahwa pembukaan Taman Nasional Gunung Rinjani untuk umum akan dilakukan secara bertahap.

"Ini kita buka secara bertahap, 10 persen dulu dan kita evaluasi setiap minggu, tentu yang kita dahulukan ini domestik," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X