Erick Thohir Menilai Keputusan Pemerintah Tidak Lockdown Sudah Tepat

- Sabtu, 15 Agustus 2020 | 15:50 WIB
Erick Thohir. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Erick Thohir. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Menteri BUMN Erick Thohir menilai keputusan pemerintah tidak melakukan lockdown adalah tepat untuk menyeimbangkan antara pemulihan kesehatan dan ekonomi. Pernyataan ini disampaikan Erick Thohir dalam diskusi virtual yang bertajuk “Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit” di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

"Kebijakan Presiden enggak lockdown itu tepat, ada gas dan ada rem. Ya, harus seiring kesehatan dan ekonomi, bukan kebalik,” kata Erick.

Erick Thohir menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020  yang minus 5,32 persen lebih baik dibandingkan dengan Singapura yang minus 12,6 dan negara-negara lainnya.

“Kebijakan Presiden sudah sangat tepat. Kita juga enggak usah debat lagi. Sekarang kita bicara seperti Presiden kemarin tekankan dua hal bijak untuk melakukan lompatan kemajuan,” ujarnya.

Adapun sektor yang ditekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) - dalam pidato RUU APBN 2021- untuk melakukan lompatan kemajuan yakni kesehatan, pangan, dan energi.

Dia menyebutkan Indonesia mempunyai dua modal dasar yang kuat untuk bangkit yakni jumlah penduduk besar dan sumber daya alam yang kaya.

"Kita sudah berkali-kali diuntungkan dengan siklus ekonomi yang dulu minyak kayu, batu bara, kelapa sawit, sekarang nikel, bauksit, dan lainnya,” ujar Erick.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X