Wamenlu: Indonesia Pimpin Persiapan Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia

- Jumat, 13 November 2020 | 18:16 WIB
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar. (Photo/ANTARA/Rosa Panggabean)
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar. (Photo/ANTARA/Rosa Panggabean)

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengatakan bahwa Indonesia harus dapat memimpin persiapan Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia 2021. Menurutnya, Indonesia harus mampu untuk mendorong implementasi Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia tahun 2021 secara efektif bagi pemulihan sektor ekonomi kreatif.

Hal itu disampaikannya dalam pembukaan pertemuan Friends of Creative Economy (FCE) yang berlangsung pada 11 November 2020. Selain itu, Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia 2021 sendiri ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Resolusi Majelis Umum PBB No. 74/198 yang diinisiasi oleh Indonesia.

Inisiasi tersebut adalah salah satu bentuk kepemimpinan internasional Indonesia dalam mendorong kemajuan ekonomi kreatif di dunia. Di sisi lain, pertemuan FCE berlangsung pada 11-12 November 2020 atas inisiasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian Luar Negeri RI.

Baca juga: Selebgram Syaima Salsabila Ditangkap Polres Jakbar Terkait Kasus Narkoba

Di samping itu, Indonesia juga merencanakan penyelenggaraan pertemuan dunia di sektor ekonomi kreatif, yaitu pertemuan kedua World Conference on Creative Economy (WCCE) di Bali, Indonesia, pada pertengahan 2021.

"Inklusivitas berasal dari keyakinan kami bahwa dengan memberikan kesempatan yang sama tanpa memandang latar belakang, ekonomi kreatif akan menjembatani kekompakan antar masyarakat," kata Wamen Parekraf Angela H. Tanoesoedibjo.

"Pandemi telah memicu disrupsi digital, dan kini saatnya mengatasi tantangan dan menangkap peluang digitalisasi serta pengaruhnya terhadap sektor ekonomi kreatif," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X