Kapolri Copot 3 Petinggi Polisi di Kalsel, IPW Duga Kasus Mafia Tambang Melebar ke Pilkada

- Rabu, 23 September 2020 | 14:22 WIB
Neta S Pane Ketua Presidium IPW. (Instagram)
Neta S Pane Ketua Presidium IPW. (Instagram)

Sudah lima hari kasus pencopotan tiga pejabat Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) terjadi. Ketiganya dicopot dari jabatannya oleh Kapolri Idham Azis.

Tapi hingga kini Mabes Polri belum menjelaskan secara terang benderang soal penyebab pencopotan itu, sehingga terkesan ada yang hendak ditutup tutupi di balik kasus pencopotan tersebut.

"Indonesia Police Watch (IPW) menilai jika kasus pencopotan ini ditutup tutupi terlihat bahwa Polri tidak promoter untuk menyelesaikan kasus tersebut," kata Neta S Pane Ketua Presidium IPW melalui keterangan tertulisnya pada INDOZONE, Rabu (23/9/2020).

Sebab beredar berbagai kabar negatif di balik pencopotan ketiga pejabat Polda Kalbar itu.

Sehingga menjadi tanda tanya benarkah pencopotan itu berkaitan dengan perang mafia tambang di Kalsel, yang berkaitan dengan pilkada?

Benarkah ada kelompok yang sedang berusaha hendak melakukan penggusuran terhadap kekuatan mafia tambang kelompok HI kepada kelompok HA.

Selama ini HI dikenal sangat dekat dengan para petinggi kepolisian maupun petinggi negara.

"Bahkan dia bisa mengatur ngatur posisi aparatur kepolisian, sehingga HI kerap dijuluki sebagai "kapolri swasta"," sebut Neta.

Saking kuatnya, tidak ada satu orang pun yang berani menyentuh HI. Belakangan HI ribut besar dengan kelompok HA mafia lama di dunia tambang.

Keributan kedua kelompok mafia ini dinilai tidak hanya di dunia tambang, tapi juga sudah melebar ke arena pilkada.

"Sebab keduanya punya jago masing masing. Sepertinya dalam pertarungan ini kelompok HI kalah kuat," katanya.

Sebab 'orang orangnya' di jajaran kepolisian maupun pemerintahan sudah tergusur, sehingga otomatis kekuatannya semakin pudar.

"Lalu apa kaitannya dengan dicopotnya ketiga pejabat Polda Kalsel itu. Disinilah Mabes Polri harus bersikap transparan dan promoter untuk menuntaskannya," jelas Neta.

Apalagi wilayah kerja ketiga pejabat Polda yang dicopot itu tidak jauh jauh dari arena pertarungan para mafia tambang tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X