Sedih, Kakek 77 Tahun Dorong Gerobak Jual Tahu Keliling Demi Hidup, Sepi Pembeli

- Jumat, 25 September 2020 | 10:46 WIB
Kakek Iyan pedagang tahu keliling di Bandung Barat (Tiktok)
Kakek Iyan pedagang tahu keliling di Bandung Barat (Tiktok)

Jika biasanya hari tua dimanfaatkan untuk menikmati waktu bersama keluarga, hal itu tidak dirasakan oleh seorang kakek bernama Iyan. Setiap harinya ia harus berkeliling kampung menjajakan tahu kuning kepada warga.

Menggunakan gerobak, ia mendorong tahu tersebut melewati jalan dan gang-gang di perkampungan. Belum lagi saat melewati jalan bebatuan dan tanjakan ia merasa kesulitan mendorong gerobak tersebut. Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, penjualan tahunya pun sepi pembeli.

-
Kakek Iyan pedagang tahu (Tiktok)

Baca juga: Pengantin Wanita Nangis Histeris di Hari Pernikahan, Pengantin Prianya Malah Pulang

Meski begitu, kakek Iyan tidak patah semangat, setiap harinya ia terus berkeliling mendorong gerobak untuk menjual tahu yang diambil dari orang lain. Biasanya ia berkeliling jualan di Jalan H Mukti, Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam sehari, kakek berusia 77 tahun tersebut mendapat upah sebesar Rp20.000 dari pihak produsen tahu. Uang tersebut ia gunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras dan bahan makanan lainnya demi menyambung hidup. 

Baca juga: Istri Hamil Suami Terjerat Pelakor, Harta Habis Direbut Pelakor yang Pakai Jasa Dukun

Video perjuangan kakek Iyan mencari nafkah viral di Tiktok setelah diunggah oleh akun Tiktok @srikhrsm. Ia menceritakan, setiap harinya kakek tersebut selalu lewat depan kosannya. Tidak tega melihat kakek tua itu harus mendorong gerobak tahu yang cukup berat setiap harinya, ia pun membeli beberapa tahu yang dijual oleh kakek Iyan dan memberikan sejumlah uang untuk kakek tersebut. Sang kakek pun merasa senang barang dagangannya ada yang membeli dan mendapat rezeki lainnya

-
Kakek Iyan pedagang tahu keliling (Tiktok)

Hingga akhirnya, ia mengajak para warganet yang ingin membantu kakek Iyan bisa memberikan donasi untuk kakek tersebut melalui dirinya. Sejak video tersebut ramai ditonton, para netizen pun beramai-ramai mendonasikan uang mereka untuk kakek Iyan.

Baca juga: Merinding, Pengantin Wanita Mendadak Tertidur Jelang Akad Nikah, Sulit Dibangunkan

"Sedih banget lihatnya," kata seorang netizen.

"Yuk kita berbagi dikit agar jadi ladang pahala kita, sedikit membantu agar bisa diusia beliau bisa tersenyum," tutur netizen lain.

"Semoga diberi rizki yang banyak ya pak, sehat selalu bapaknya," timpal yang lain.

@srikhrsm

ini part 2 nya temen2, open donasi yuk buat kakek ini ???? dia jualin tahu2 punya orang dengan upah 20k sehari dan sebanyak ini itupun kalo habis ????

? Kamu & Kenangan - Maudy Ayunda - All About Music ????

Artikel menarik lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X