Masih Banyak Pekerja yang Belum Terima Subsidi Gaji Rp600 Ribu karena Masalah Ini

- Senin, 7 September 2020 | 13:10 WIB
Ilustrasi uang rupiah. (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Ilustrasi uang rupiah. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Subsidi gaji Rp600 ribu telah disalurkan kepada 2.310.974 pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta. Jumlah penerima bantuan tersebut dinilai telah merepresentasikan 92,44 persen dari total penerima bantuan subsidi upah (BSU) tahap pertama yaitu sebesar 2,5 juta pekerja.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, dalam penyaluran bantuan tahap pertama ini, ada sejumlah kendala yang dihadapi, termasuk masalah rekening pekerja calon penerima bantuan.

"Pada penyaluran subsidi gaji/upah tahap I, jumlah rekening yang tidak dapat disalurkan sebanyak 15.659 rekening penerima. Adapun rekening yang masih dalam proses penyaluran 173.367 penerima," ujar Ida, dilansir Antara, Minggu (6/9/2020).

Ada pun beberapa hal yang menjadi kendala Kemnaker dalam penyaluran subsidi gaji Rp600 ribu tersebut yaitu rekening tidak valid, rekening sudah tutup, adanya duplikasi rekening dan rekening tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan(NIK).

Karena hal tersebut, Ida pun meminta agar BPJS-TK memverifikasi data rekening calon penerima untuk berkomunikasi dengan segala pemangku kepentingan. Dengan begitu, permasoalan-persoalan dalam penyaluran bantuan bisa segera terselesaikan.

Ida juga mengungkapkan bahwa penyaluran tahap II subsidi gaji untuk pekerja  sudah mulai disalurkan setelah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) selesai melakukan pemeriksaan data calon penerima.

"Alhamdulillah hari ini dari Kami di Kemnaker telah selesai melakukan check list data calon penerima subsidi tahap II. Saat ini pihak Kemnaker telah memproses ke KPPN. Kemudian ke bank penyalur dan segera dilakukan transfer kepada penerima bantuan," kata Ida pada Jumat (4/9/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X