Susi Pudjiastuti Kritik Soal Penggunaan Cantrang yang Kini Kembali Diizinkan

- Kamis, 11 Juni 2020 | 12:42 WIB
Susi Pudjiastuti kritik penggunaan cantrang yang kembali diperbolehkan. (Twitter/@susipudjiastuti)
Susi Pudjiastuti kritik penggunaan cantrang yang kembali diperbolehkan. (Twitter/@susipudjiastuti)

Susi Pudjiastuti mengkritik soal penggunaan cantrang yang kini kembali diizinkan. Di masa kepemimpinan Susi, cantrang dilarang digunakan karena dinilai merugikan.

"Ikan sudah banyak saatnya Kapal2 Raksasa Cantrang, Trawl, Purseiners dll mengeruk kembali.. Saatnya panen bibit lobster yg sudah ditunggu tunggu Vietnam. Inilah Investasi yg kita banggakan," sindir Susi di akun Twitter-nya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut juga mengkritik soal dibolehkannya kapal-kapal ikan berukuran di atas 200 gross ton (GT) beroperasi.

Susi mengungkapkan bahwa kapal di atas 100 GT biasanya dilengkapi dengan cantrang berukuran besar yang ukuran tali cantrangnya paling pendek yaitu sekitar 1,8 hingga 2 km.

Cantrang tersebut bisa menangkap ikan hingga ke dasar laut. Hal ini bisa membuat sumber daya ikan bisa tegerus habis dan bisa merugikan nelayan tradisional.

"Ini kapal cantrang yang kecil. Yang gede di atas 100 GT, talinya bisa 6 kilometer. Sweepingnya dasar lautnya bisa mencapai lebih dari 500 Ha," kata Susi menanggapi cuitan warganet mengenai cara kerja kapal cantrang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X