The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebut Karhutla 99% Ulah Manusia, Jokowi Minta Penegakan Hukum Tanpa Kompromi
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
News

Sebut Karhutla 99% Ulah Manusia, Jokowi Minta Penegakan Hukum Tanpa Kompromi

Ini kata Jokowi.

Selasa, 23 Juni 2020 12:04 WIB 23 Juni 2020, 12:04 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut 99% kebakaran hutan dan lahan atau karhutla disebabkan oleh tindakan manusia. Maka dari itu, ia mengimbau agar penegakan hukum harus dilakukan dengan tegas.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam rapat terbatas atau Ratas yang digelar bersama dengan jajarannya secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pagi ini.

“Kita tahu 99 % kebakaran hutan karena ulah manusia baik karena disengaja atau kelalaian. Oleh karena itu penegakan hukum harus tegas dan tanpa kompromi untuk menyelesaikan masalah ini,” ucap Jokowi, Selasa (23/6/2020).

Adapun, dalam penyelesaian masalah karhutla, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan pemerintah memiliki infrastruktur pengawasan hingga ke tingkat bawah yang digunakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Kepala Desa.

“Api kalau masih kecil, kalau bisa kita selesaikan akan lebih efektif, efisien daripada sudah membesar kita pontang-panting,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga mengimbau kepada kepala daerah untuk langsung mengambil tindakan jika sudah melihat ada api yang masih kecil. Ia tidak ingin ketika api sudah besar, baru ada penanganan pemerintah daerah setempat.

“Saya sampaikan jangan sampai api membesar baru kita padamkan. Sekecil mungkin api baru mulai segera harus kita cepat anggap, saya minta kepada gubernur, bupati, walikota, Pangdam, Dandim, Kapolda, Kapolres harus cepat tanggap mengenai ini,” papar Jokowi.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US