Dukung Palestina, Pemerintah Tegaskan Tidak Buka Hubungan Diplomatik Dengan Israel

- Rabu, 16 Desember 2020 | 18:39 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers di Jakarta (Foto: Antara)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers di Jakarta (Foto: Antara)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membantah kabar yang menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Hal itu disampaikan Retno Marsudi taklimat persnya di Jakarta, Rabu (16/12/2020).

"Saya sampaikan hingga saat ini tidak ada niat Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," sebut Retno.

Dilansil Antara, selain tidak adanya rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, Menlu Retno juga kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara (two-state solution) dan parameter internasional lain yang telah disepakati, secara konsisten akan tetap dijalankan," ujarnya dikutip dari Antara

Pemerintah Indonesia telah lama menyatakan dukungan tegas terhadap hak berdaulat Palestina, di tengah konflik panjang dengan Israel.

Pembelaan tersebut juga menjadi salah satu agenda Indonesia dalam kepemimpinan sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Di luar dukungan dari segi politis, Indonesia juga memberikan bantuan keuangan dan program pembangunan kapasitas sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina.

Sebagaimana diberitakan pada Juli lalu, pemerintah Indonesia telah mengucurkan dana sekitar Rp 36,5 miliar sebagai bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Palestina, di tengah situasi konflik, yang diperburuk dengan situasi pandemi COVID-19.

Dana tersebut disalurkan kepada Pemerintah Palestina dan Badan PBB urusan pengungsi Palestina (UNRWA) masing-masing sebesar satu juta dolar AS (sekitar Rp 14,6 miliar) serta kepada Komisi Palang Merah Internasional (ICRC) sebesar 500 ribu dolar AS (sekitar Rp 7,3 miliar).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X