The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Banjir Besar Melanda Kalimantan Selantan, Ribuan Rumah Warga Terendam
Situasi banjir di Kabupaten Banjar (Tangkapan Video BPBD Banjar)
News

Banjir Besar Melanda Kalimantan Selantan, Ribuan Rumah Warga Terendam

Kamis, 14 Januari 2021 13:51 WIB 14 Januari 2021, 13:51 WIB

INDOZONE.ID - Banjir besar melanda sejumlah kawasan di Privinsi Kalimantan Selatan. Banjir disebabkan oleh hujan deras dengan intensitas tinggi yang turun secara merata di berbagai daerah.

Hingga Rabu (13/1/2021) ketinggian debit air pada titik tertentu dilaporkan mencapai 2 hingga 3 meter. Ribuan rumah warga terendam bahkan ada yang sampai ke atap rumah.

Salah satu kawan yang mengalami banjir terparah adalah Kabupaten Banjar. Berdasarkan informasi dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, diketahui sebanyak 25 desa yang tersebar di tujuh kecamatan terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 20 hingga 100 cm. Tercatat 8.696 KK terdampak banjir ini dan sedikitnya 29 KK mengungsi. Sementara diperkirakan 1.288 rumah terendam dan masih terus dalam pendataan.

Tujuh Kecamatan terdapak banjir yakni Kecamatan Karang Intan tepatnya Desa Sungai Arfat, Ingah Habang, Sungai Alang, Sungai Asam, Karang Intan, Mali Mali, Penyambaran, Mandikapau, dan Pasar Lama). Kemudian satu Desa di Kecamatan Martapura Timur yakni Desa Dalam Pagar. Kecamatan Martapura tepatnya di  Desa Tanjung Rema, Bincau Muara, Bincau, Tambak Baru, dan Murung Kenanga. 

Selanjutnya Kecamatan Astambul tepatnya Desa Pingaran Ulu, Kecamatan Sungai Pinang yakni Desa Belimbing Lama, Belimbing Baru, Rantau Bakula, Rantau Nangka, dan Sungai Pinang. Kecamatan Pengaron yakni Desa Lobang Baru, Benteng, dan Lok Tunggul serta Kecamatan Sungai Tabuk tepatnya di Desa Lok Buntar.

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Banjar bersama tim gabungan masih melakukan evakuasi korban menuju lokasi pengungsian.  Selain itu tim gabungan yang berada di lokasi masih melakukan kaji cepat dengan berkoordinasi dengan instansi terkait guna penanganan lebih lanjut," terang Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr. Raditya Jati dalam keterangn tertulis

Selain Kabupaten Banjar, banjir di Provinsi Kalimantan juga melanda beberapa kawasan lainnya yaitu wilayah Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Tapin, Barito Kuala dan sekitarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dian Gunawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US