Korut Tebar Ancaman ke Amerika Serikat: Kalau Masih Mau Damai, Jangan Bikin Kesal!

- Selasa, 16 Maret 2021 | 14:08 WIB
Kim Yo Jong dan Kim Jong Un (KOREA SUMMIT PRESS POOL / VIA REUTERS)
Kim Yo Jong dan Kim Jong Un (KOREA SUMMIT PRESS POOL / VIA REUTERS)

Saudari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yaitu Kim Yo Jong memperingatkan pemerintahan baru Amerika Serikat untuk "jangan membuat kesal" kalau ingin berdamai.

Dilansir KCNA, pernyataan ini keluar sehari sebelum Menlu dan Menhan AS tiba di Seoul untuk berbicara dengan mitra-mitra mereka di Korea Selatan.

"Kami mengambil kesempatan ini untuk memperingatkan pemerintahan baru AS yang berusaha keras melakukan perbuatan tak menyenangkan di negeri kami," kata Kim Yo Jong.

"Kalau AS ingin berada dalam keadaan damai selama empat tahun mendatang, pertama-tama lebih baik jangan sampai membuat kesal."

Sejauh ini, Korea Utara masih menolak permintaan Amerika Serikat untuk melakukan dialog. Meskipun sebelumnya Kim Jong Un pernah bertemu dengan mantan presiden AS, Donald Trump dan beberapa kali bertukar surat.

Tapi, Korut mengakhiri pembicaraan dan tidak akan membuka komunikasi lebih jauh kecuali Amerika Serikat mencabut kebijakan-kebijakannya yang bermusuhan.

Terlebih, pasukan Korea Selatan dan AS sudah memulai latihan militer bersama pada musim semi.

"Latihan perang dan permusuhan tidak akan pernah bisa berjalan dengan dialog dan kerja sama," kata Kim Yo Jong, yang telah menjadi pengkritik tajam terhadap Seoul.

Kim Yo Jong sendiri mengejek Korea Selatan karena "mengandalkan latihan perang yang menyusut, sekarang mereka berada dalam rawa krisis politik, ekonomi, dan epidemi."

Hubungan Korsel dan Korut kembali memanas. Korut bahkan berniat menarik diri dari perjanjian militer antar-Korea dan membubarkan beberapa organisasi yang rencananya akan bekerjasama dengan Korea Selatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X