Harimau Sumatera ini Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser

- Minggu, 14 Maret 2021 | 23:57 WIB
Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) jantan yang diberi nama Suro dilepasliarkan untuk kembali ke habitat alaminya di kawasan
Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) jantan yang diberi nama Suro dilepasliarkan untuk kembali ke habitat alaminya di kawasan

Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) jantan yang diberi nama Suro dilepasliarkan untuk kembali ke habitat alaminya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser

"Pada proses pelepasliaran, terlihat Suro sangat bersemangat dapat kembali ke habitat alaminya. Saat pintu kandang terbuka, Suro langsung meneruskan perjalanannya menuju ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser," kata Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indra Exploitasia dalam keterangan tertulis yang dikutip dari  ANTARA, Minggu (14/3).

Pelepasliaran Suro yang berusia sekitar 5 hingga 6 tahun dengan berat badan kurang lebih 100 kg itu menambah populasi harimau sumatera di alam.

Baca juga: FOTO: Ratusan Orang Ditangkap pada Operasi Anti-Narkoba Polda Riau

Kegiatan pelepasliaran pada Sabtu (13/3) tersebut melibatkan tim gabungan yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Direktorat KKH, Bupati Gayo Lues, Tiger Project UNDP, Wildlife Conservation Society-Indonesia Program (WCS-IP), Forum Konservasi Leuser (FKL), dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan.

Melalui unit pelaksana teknis lingkup Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), pihaknya terus melakukan upaya mitigasi dan penanganan konflik satwa liar di seluruh wilayah kerjanya, termasuk pelibatan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mendukung konservasi satwa liar.

"Atas nama KLHK, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung pelepasliaran, yang merupakan bentuk kolaborasi multipihak dalam upaya pelestarian harimau sumatera," ujar Indra.

Indra juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, khususnya Bupati Gayo Lues, yang telah mendukung upaya pelepasliaran harimau sumatera bernama Suro itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X