Siap Balik ke PSBB, Rumah Ibadah di Jakarta Tetap Buka

- Jumat, 11 September 2020 | 16:48 WIB
Suasana Masjid Istiqlal yang tidak melaksanakan Salat Jumat, di Jakarta, Jumat (20/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Suasana Masjid Istiqlal yang tidak melaksanakan Salat Jumat, di Jakarta, Jumat (20/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Jelang diberlakukannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria kembali mengimbau disiplin penerapan protokol, khususnya di lingkungan masjid.

Riza mengungkapkan untuk sementara warga DKI Jakarta harus melakukan berbagai aktivitas seperti awal dilakukan PSBB, agar ikut membantu pemerintah dalam upaya bersama menekan angka penyebaran Covid-19.

“Angka kematian terus menurun, kesembuhan terus meningkat, tapi penyebaran juga meningkat. Untuk itu perlu ada upaya. Kita kembali sebagaimana dulu kita kerja dari rumah, beribadah di rumah, dan belajar di rumah," kata Riza di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Meskipun demikian, tidak berarti rumah ibadah akan ditutup karena Pemprov DKI akan tetap membuka rumah ibadah tapi dengan pengawasan dan pengetatan protokol kesehatan. Masjid yang ditutup hanya masjid raya yang dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah.

"Bagi rumah ibadah tetap dibuka, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Kecuali masjid raya yang dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah. Itu dilarang. Kalau masjid di pemukiman diperbolehkan,” terangnya.

Riza juga menegaskan Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, baik berupa rumah sakit rujukan, tempat tidur isolasi, dan tempat tidur ICU untuk merawat pasien positif Covid-19.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak cukup, jika tidak terjadi upaya serius untuk menekan penyebaran wabah tersebut sebagai gerakan bersama.

"Jangan menunggu ada saudara kita, teman kita, keluarga kita yang kena Covid-19 baru sadar. Apalagi kalau ada yang meninggal, baru sadar pakai masker. Jangan. Mari kita patuh dan taat," pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X