Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Jokowi: Meningkatkan Citra dan Martabat Bangsa

- Rabu, 4 November 2020 | 14:21 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Instagram @jokowi)
Presiden RI Joko Widodo (Instagram @jokowi)

Presiden Joko Widodo kembali mengungkap hasrat Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Bahkan, Jokowi menggelar rapat terbatas secara virtual membahas pengusulan tersebut, Rabu (4/11/2020).

Melalui media sosial Twitter, Jokowi juga menyampaikan tujuan dari pengusulan ini. Kata dia, hal tersebut bukan bermaksud 'gagah-gagahan'.

Namun demi meningkatkan citra dan martabat bangsa di mata dunia.

Indonesia bakal bersaing dengan negara-negara lain merebut kunci tuan rumah Olimpiade 2032. Yakni Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, RRT, Australia dan India.

Penetapan tuan rumah akan dilakukan pada 2024 mendatang. Sedangkan proses seleksinya paling tidak sejak 2023 oleh IOC (Internastional Olympic Committee).

"Pencalonan ini bukanlah untuk gagah-gagahan, melainkan salah satu cara meningkatkan citra dan martabat bangsa," cuit @jokowi.

Setelah pengusulan diri, Jokowi mengatakan mulai menata sarana dan prasarana pendukung pesta akbar olahraga dunia tersebut.

"Karena itu, pencalonan ini kita jadikan momentum untuk menata diri dan memperbaiki yang kurang, dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, dll," tulisnya.

Usai rapat terbatas, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mengungkap beberapa pesan yang disampaikan Jokowi.

Pertama menyiapkan tim dalam bentuk komite khusus untuk persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Kedua menyiapkan anggaran dan ketiga menyiapkan berbagai hal penunjang lainnya.

"Sekarang yang segera disiapkan adalah bagaimana kami menang dalam bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Jadi scope-nya di sana," kata Zainudin kepada wartawan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X