BEM Seluruh Indonesia akan Demo di Istana Negara Hari Ini

- Kamis, 8 Oktober 2020 | 09:39 WIB
Sejumlah mahasiswa melakukan aksi di Kota Tangerang, Banten, Rabu (7/10/2020). (ANTARA FOTO/Fauzan)
Sejumlah mahasiswa melakukan aksi di Kota Tangerang, Banten, Rabu (7/10/2020). (ANTARA FOTO/Fauzan)

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa atau demontrasi di Istana Negara, Jakarta Pusat pada hari ini, Senin (8/10/2020). Aksi itu direncanakan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Aksi demonstrasi tersebut beragendakan untuk menolak Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU yang belum lama ini disahkan oleh DPR RI.

“Seruan untuk seluruh mahasiswa di Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mengikuti aksi nasional,” tulis keterangan tulisan yang diunggah pada akun @BEM_SI pada akun Instagramnya.

Menurut Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian, pengesahan UU Omnibus Law Cipta kerja merupakan pengkhiatan sekaligus simbol atas matinya hati nurani dari jajaran DPR terhadap rakyat Indonesia.

“5 Oktober 2020 menjadi hari duka dan penghianatan sekaligus jadi simbol atas matinya hati nurani para Dewan Perwakilan Rakyat terhadap rakyat Indonesia dengan disahkannya Omnibus Law menjadi sebuah undang-undang di tengah kondisi negeri yang sedang sakit,” ungkapnya.

Melalui pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja tersebut, mahasiswa menilai kalau masyarakat telah tersakiti, terutama buruh atau pekerja yang menjadi korban atas kemarukan pengusaha dan oligarki.

“Saat hati rakyat telah tersakiti, buruh menjadi korban atas kerakusan para penguasa dan oligarki, pendidikan, perekonomian, kesehatan dan segala aspek kehidupan dikebiri, maka sampaikanlah keseluruh pelosok negeri, bahwa demokrasi kita telah mati!” terang Remy.

“Apabila usul ditolak tanpa ditimbang, suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan, dituduh subversif dan mengganggu keamanan. Maka hanya ada satu kata, "LAWAN”,” tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X