The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Detik-detik Pemuda Jatuh Pingsan Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Begini Faktanya
Pria jatuh pingsan usai disuntik vaksin COVID-19. (ist)
News

Detik-detik Pemuda Jatuh Pingsan Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Begini Faktanya

Selasa, 19 Januari 2021 15:04 WIB 19 Januari 2021, 15:04 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pemuda berambut keriting dengan potongan rambut ala Mohawk, mendadak jatuh pingsan beberapa saat usai disuntik vaksin COVID-19 buatan Sinovac asal China, baru-baru ini.

Mulanya, pemuda yang memakai masker warna biru bermotif polkadot tersebut disuntik oleh seorang petugas medis di bagian lengan kirinya. Pemuda itu tampak tenang dan tidak takut sedikitpun. Di dekat meja di mana ia disuntik, sejumlah orang merekam dirinya dengan ponsel.

Kemudian, pemuda berkemeja putih itu pindah ke meja lain dan di sana ia diajak bicara oleh seorang petugas lain. Saat berdiri usai ditanyai, pemuda itu jatuh pingsan.

Petugas di sekelilingnya segera membantunya, menaikkannya ke atas alat tandu.

"Bantu, bantu," kata seorang petugas di lokasi.

Video yang merekam momen itu viral di media sosial. Belakangan diketahui, bahwa momen itu direkam di halaman kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur, Rabu, (13/1/2021), dalam rangka simulasi vaksinasi COVID-19, yang diadakan oleh Pemprov NTT, sehari jelang vaksinasi bagi pejabat publik dan tenaga kesehatan di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Ada lima tenda yang didirikan dalam simulasi itu, masing-masing tenda pemeriksaan suhu dan tekanan darah, skrining, vaksinasi, dan tindakan pascavaksinasi.

Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, Stefanus Soka mengatakan bahwa pelaksanaan simulasi vaksinasi dilakukan tiga kali. Mulai dari warga yang tidak timbul gejala pascavaksinisasi, bergejala berat, dan bergejala ringan. 

Pemprov NTT juga sudah menyiapkan mobil ambulans di dekat lokasi vaksinasi dengan tujuan mengantisipasi jika ada warga yang mengalami gejala berat, semisal pingsan.

"Kalau ada yang bergejala berat akan langsung dilarikan ke rumah sakit, karena itu kita siapkan juga ambulans di lokasi vaksinasi. Jadi akan ada dua ambulans besok," kata Stefanus.

Artikel Menarik Lainnya:

Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US