Dikenal Garang Berantas Korupsi, Novel Baswedan Justru Sering Dilaporkan, 'Aneh Saja'

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 15:37 WIB
Penyidik senior KPK Novel Baswedan (YouTube HARIS AZHAR)
Penyidik senior KPK Novel Baswedan (YouTube HARIS AZHAR)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan tertawa saat disinggung aktivis HAM Haris Azhar lantaran kerap dilaporkan kelompok tertentu.

Teranyar, Novel dilaporkan usai menyampaikan kritik terhadap Kepolisian atas kasus kematian Ustaz Maaher At Thuwailibi di ruang tahanan Mabes Polri pada Senin (8/2/2021) lalu.

"Dilaporkan ke Polisi. Sudah sering dilaporkan kan, Mas?" tanya Haris seperti terlihat dari tayangan YouTube yang diunggah kanal HARIS AZHAR, Kamis (18/2/2021).

Mendengar pertanyaan itu, Novel sontak tertawa. Dia merasa aneh terhadap kelompok yang melaporkannya.

"Iya sering, sering. Cuma saya merasa bahwa ini masalah yang semestinya justru orang yang melaporkan inilah yang menurut saya berlebihan ya. Jadi saya merasa aneh saja. 'Loh ini melapor ngapai'," kata Novel.

Novel pun menjelaskan soal Pasal 220 KUHP. Pada pasal itu, dijelaskan barang siapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan.

"Barang kali orang bisa paham ya bahwa apabila orang mengetahui suatu peristiwa itu bukan kejahatan, tapi kemudian dia memaksakan lapor, atau mencari-cari, atau disuruh orang melaporkan, orang itu justru bisa terancam pidana dalam Pasal 220 KUHP," kata Novel.

"Artinya kalau dalam bahasa gaul, itu ngerjai polisi lah. Suruh polisi melakukan yang sebetulnya itu tidak perlu diusut," sambung Novel.

Mendengar hal itu, Haris pun menyampaikan analogi yang biasa dipakainya.

"Kalau analogi saya, saya selalu sampaikan di pengadilan kalau lagi sidang, ini menghabis-habiskan biaya negara. Peristiwa yang gak penting dibikin jadi kasus," kata Haris.

Seperti diketahui, Novel Baswedan merupakan penyidik senior KPK yang dikenal 'garang' memberantas kasus-kasus korupsi besar. Bahkan, tak jarang kasus yang ditanganinya melibatkan 'orang-orang' berpengaruh.

Namun, Novel sempat mendapat serangan fisik beberapa waktu lalu. Hal itu membuatnya mengalami cacat pada bagian mata usai disiram air keras.

Tonton video selengkapnya di bawah ini:

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X