The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Palestina Tuding Israel Menghalangi Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza
Israel disebut hadang pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza. (photo/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
News

Palestina Tuding Israel Menghalangi Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza

Selasa, 16 Februari 2021 12:55 WIB 16 Februari 2021, 12:55 WIB

INDOZONE.ID - Otoritas Palestina, Senin (15/2), menuduh Israel menahan pengiriman vaksin Covid-19 ke Jalur Gaza, yang hingga kini belum menerima satu pun dosis.

Dilansir Reuters, seorang pejabat Palestina menyebut pihaknya mencoba membawa ke Gaza 2 ribu dosis vaksin Sputnik V Rusia dari Tepi Barat, yang diduduki Israel.

Akan tetapi, Israel disebut menghentikan pengiriman itu di pos pemeriksaan Tepi Barat " dan memberi tahu Palestina bahwa tidak ada persetujuan untuk melanjutkannya ke Gaza."

Seorang pejabat keamanan Israel mengatakan permintaan Otoritas Palestina untuk mengirim 2.000 dosis "masih diperiksa" dan bahwa "persetujuan belum diberikan".

Badan yang ditugasi menyetujui pengiriman tersebut adalah dewan keamanan nasional Israel, bagian dari pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kata pejabat keamanan Israel.

Pejabat Palestina mengatakan pihaknya mengajukan permintaan kepada otoritas pertahanan Israel soal pengiriman vaksin, segera setelah Palestina menerima pengiriman awal 10.000 dosis vaksin Rusia di Tepi Barat pada 4 Februari.

"Hari ini, 2.000 dosis vaksin Sputnik V Rusia dibawa untuk memasuki Jalur Gaza, tetapi otoritas pendudukan mencegah masuk," kata Menteri Kesehatan Palestina Mai Alkaila.

"Menurut rencana, dosis-dosis ini akan diberikan pada staf medis yang bertugas di ruang perawatan intensif bagi pasien COVID-19, dan pada staf yang bekerja di bagian gawat darurat," bunyi pernyataan itu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US