Pakde Jokowi, Ini Lho Menteri Sektor Ekonomi Idaman Pelaku Usaha

- Selasa, 8 Oktober 2019 | 15:08 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Nova Wahyudi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Nova Wahyudi)

Susunan kabinet Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin masih menjadi teka-teki. Sejumlah kalangan mencoba memberikan masukan kepada Jokowi dalam memilih sosok menteri, termasuk dari pelaku usaha. 

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, pelaku usaha meminta Jokowi selektif dalam memilih menteri yang akan membantunya di sektor ekonomi.

Pelaku usaha, tutur Sarman, mendambakan sosok menteri yang berasal dari kalangan pengusaha. Selain dianggap mumpuni dan mengerti permasalahan di lapangan, menteri ekonomi Jokowi nantinya akan menjadi sorotan para investor. 

"Kalau kementerian yang lain itu tidak terlalu disorot oleh pasar," kata Sarman di Jakarta, Selasa (8/10).

Sarman menyebutkan, pelaku pasar saat ini menunggu pengumuman terkait komposisi kabinet. Adapun respon positif atau negatif yang muncul akan tergantung dari komposisi kabinet pilihan Jokowi. 

Bakal Pengaruhi Pasar

Dia menjelaskan, respon pasar tersebut akan terlihat dari kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan juga kondisi nilai tukar rupiah dan dolar Amerika Serikat (USD).

-
Ilustrasi pasar saham. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Oleh sebab itu, ia pun mewanti-wanti agar menteri-menteri ekonomi yang dipilih Jokowi benar-benar merupakan sosok yang bisa menjawab tantangan perekonomian ke depan. 

"Itu yang menjadi indikator kita," tuturnya.

Sarman menantikan munculnya menteri dengan kriteria Jokowi, yang betul-betul memiliki kemampuan eksekusi cepat dan tepat, termasuk manajerial yang baik. Juga sosok menteri yang memiliki suatu jiwa nasionalisme tinggi, serta punya kerjasama yang baik. 

Sudah Punya Calon

Sarman juga berharap, sosok menteri ekonomi pilihan Jokowi harus bisa meredam ego sektoral antar kementerian dan lembaga yang masih terlihat di lima tahun pertama kepemimpinan Jokowi. 

"Karena yang kita tahu, kadang-kadang masih ada yang namanya moto kalau bisa dipersulit untuk apa dipermudah. Itu kan masih kita lihat sampai saat ini. Tetapi ke depan, dengan di era globalisasi revolusi industri 4.0 ini, semua itu akan terhapus," pungkasnya.

Terakhir, Sarman mengaku jika kalangan pengusaha telah mengajukan beberapa nama yang dinilai mampu mengisi jajaran kabinet ekonomi Jokowi pada Jilid II tersebut. Nama-nama tersebut merupakan ketua dari asosiasi-asosiasi pengusaha di Indonesia.

Nama-nama itu adalah Ketua Umum DPP HIPPI Suryani Motik, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani, Ketua Umum APINDO Hariyadi Sukamdani, dan Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadalia. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X