Jokowi Ingin Generasi Muda Lestarikan Batik

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 16:40 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo saat peringatan Hari Batik Nasional 2019, di Puro Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo saat peringatan Hari Batik Nasional 2019, di Puro Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Masyarakat Indonesia terutama generasi muda, harus mengingat jika batik merupakan warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diakui oleh UNESCO.

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mengenalkan batik ke dunia internasional. Dan menjadikan batik sebagai duta budaya Indonesia.

"Kita harus berani memperkenalkan batik ke acara-acara internasional dan menjadikan batik sebagai duta budaya Indonesia pada masyarakat dunia," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Batik Nasional 2019, di Puro Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10).

Sejak ditetapkan sebagai warisan budaya dunia 10 tahun lalu, perkembangan batik beserta aktivitas para perajinnya terus berkembang pesat di Indonesia.

Selain itu, batik juga semakin banyak digunakan oleh masyarakat dan tampil dalam berbagai panggung fesyen kelas dunia serta memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

"Kita meneguhkan kembali komitmen terhadap batik Indonesia, komitmen kita untuk membentuk generasi muda Indonesia yang sigap melestarikan batik," ujar Presiden.

Industri batik Indonesia, saat ini menjadi salah satu sektor yang cukup banyak membuka lapangan pekerjaan. Sektor yang didominasi oleh industri kecil dan menengah (IKM) ini tersebar di 101 sentra di Indonesia, dengan jumlah sebanyak 47 ribu unit usaha dan telah menyerap tenaga kerja hingga 200 ribu orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X