4 Fakta Seputar Menara Saidah, Gedung Tua Penuh Misteri

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 17:08 WIB
photo/Instagram/@cakinno/@aldinohk
photo/Instagram/@cakinno/@aldinohk

Banyak beredar kabar misterius soal gedung mewah yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Menara Saidah adalah sebuah bangunan megah yang dibiarkan tidak berpenghuni selama lebih dari 12 tahun.

Terlepas dari segala macam misteri di dalamnya, belum lama ini beredar video yang mengungkapkan isi gedung tua itu. Konon katanya, gedung berarsitektur Romawi ini berhantu dan menjadi tempat tinggal para jin dan makhluk halus lainnya.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @ronniardhianto. Dalam video itu, tampak lorong gedung yang gelap dan seram dengan pilar-pilar besar.

Tak hanya itu, di bagian dalam Menara Saidah ada sejumlah alat kantor yang sudah usang tidak terpakai, seperti beberapa monitor tanpa CPU. Ruangan kantor di dalamnya pun sangat kotor dan berantakan. Dokumen-dokumen dibiarkan bertebaran.

Berikut ini 4 fakta seputar cerita horor Menara Saidah, dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (2/10):

1. Ditutup karena Pondasi Gedung Miring

-
photo/Instagram/@cakinno

Menara Saidah dibangun oleh perusahaan PT Hutama Karya selama tiga tahun. Gedung berarsitektur Romawi ini awalnya memiliki 15 lantai. Namun, terjadi renovasi besar-besaran usai dilelang dan gedung ini ditambah menjadi 28 lantai.

Sejak resmi ditutup tahun 2007 dengan alasan pondasi gedung miring, banyak masyarakat yang sering mendapati kejadian horor di sekitar gedung ini. Hawa seram memang merebak dan begitu mencolok dari tampilan luarnya.

2. Biaya Pembangunan Gedung Capai Rp50 Miliar

-
photo/Instagram/@aldinohk

Gedung semegah Menara Saidah tentu menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk pembangunannya. Diketahui, biayanya mencapai Rp50 miliar.

3. Cerita Horor

-
photo/Instagram/@icooel

Konon katanya, gedung berarsitektur Romawi ini berhantu dan menjadi tempat tinggal para jin dan makhluk halus lainnya. Dari beberapa cerita beredar, kuntilanak merah memang menjadi penghuni yang sering muncul. Ada yang mengatakan, terdapat sedikitnya lima kuntilanak merah di bagian lobi menara itu. Kabarnya, sebelum bangunan ini berdiri, Menara Saidah adalah kompleks pemakaman umum.

4. Milik Keluarga Suami Inneke Koesherawati

-
photo/Instagram/@proborini

Salah satu bintang film Indonesia, Inneke Koesherawati diketahui ada kaitan dengan Menara Saidah. Hal itu dikarenakan suaminya, Fahmi Darmawansyah merupakan salah satu anggota keluarga Saidah Abu Bakar Ibrahim, pemilik Menara Saidah. Tahun 1995, gedung ini dilelang oleh Keluarga Saidah. Terakhir, kepemilikan Menara Saidah beralih ke anak bungsu Nyonya Saidah, Fahmi Darmawansyah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X