Jabatan Sampai Nyicil Rumah 30 Tahun, Hadiah Bagi Prajurit di HUT TNI

- Sabtu, 5 Oktober 2019 | 11:31 WIB
Prajurit TNI sedang terjun payung (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama).
Prajurit TNI sedang terjun payung (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama).

Dalam perayaan HUT TNI ke-74, Presiden Joko Widodo memberikan kabar gembira dengan berbagai hadiah yang bakal diberikan pada seluruh prajurit penjaga kedaulatan NKRI.

Namun, selain janji kesejahteraan, Presiden Jokowi meminta para prajurit mampu beradaptasi dan mengadopsi teknologi dengan tetap mengutamakan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) dalam negeri.

Selain itu, para tidak boleh terjebak oleh egosentris matra dan harus bisa bersinergi dengan kementerian dan lembaga serta tetap berkarya sampai dengan desa-desa sebagai cara menjaga kemanunggalan TNI bersama rakyat. 

Berikut Hadiah Jokowi du HUT TNI ke-74

1. Nyicil Rumah 30 Tahun

-
Prajurit TNI AL (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama).

Kabar gembira diberikan pada prajurit. Pemerintah bakal memberikan kelonggaran cicilan rumah bagi para serdadu, dengan menyicil rumah dalam jangka waktu 30 tahun.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, Dari total ASN TNI-Polri ternyata  hampir 1 juta orang belum punya rumah. Karena sering pindah tugas, prajurit TNI tinggal di rumah dinas dan lupa untuk membeli rumah bagi keluarganya. 

 

2. Tunjangan Naik 80 Persen

-
Prajurit TNI saat terjun payung (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww)

Selain pelonggaran cicilan rumah, Presiden Joko Widodo juga menjanjikan peningkatan kesejahteraan prajurit dengan naikkan tunjangan prajurit jadi 80 persen di 2020.

Pada 2020 nanti, anggaran pertahanan TNI naik dari Rp121 triliun di 2019, menjadi lebih dari Rp 131 triliun di tahun 2020. 

Paling tidak, ada tiga komponen dalam anggaran pertahanan. Pertama, adalah anggaran rutin, gaji dan lain-lain; kedua adalah anggaran belanja barang mencakup penggunaan barang dan lain-lain; ketiga belanja modal, terkait pembelanjaan alutsista. 

 

3. Jabatan Bagi Perwira Nganggur

-
Para Jenderal TNI (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww)

Presiden Joko Widodo juga menjanjikan segera mengeluarkan rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI.

Kondisi 'nganggur' para perwira sebagai buntut dari adanya perpanjangan usia pensiun yang bertambah tiga tahun. Namun, saat aturan diberlakukamn belum dilakukan penyesuaian pada sistem kenaikan pangkat.

4. Modernisasi Alutsista

-
Pesawat TNI (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras)

Presiden Jokowi dihadapan ribuan prajurit yang mengikuti upacara HUT TNI, menegaskan rencana strategis kekuatan pokok minimum tahap III periode 2019-2024, bakal dituntaskan demi kemajuan alutsista yang digunakan TNI. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X