Jadi Tuan Rumah Gopac Global Conference, Qatar Aktif Perangi Korupsi
Presdien Gopac, Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon bersama Ketua Parlemen Qatar H.E. Ahmad Bin Abdullah Bin Zaid Al Mahmoud menandatanagni MoU
News

Jadi Tuan Rumah Gopac Global Conference, Qatar Aktif Perangi Korupsi

Astrid Dwijayanti
Kamis, 07 November 2019 13:08 WIB 07 November 2019, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Presiden GOPAC (Global Organization of Parlementarians Against Corruption) atau Organisasi Parlemen Dunia Anti-Korupsi Fadli Zon menyatakan Qatar resmi menjadi tuan rumah The 7th GOPAC Global Conference yang akan diselenggarakan pada 9-11 Desember 2019.

Fadli mengatakan kesepakatan tersebut melalui sebuah proses penjajakan intensif Fadli Zon dengan Ketua Parlemen Qatar dalam 1 tahun terakhir. Terpilihnya Qatar mewakili semangat baru agenda pemberantasan korupsi di level global.

"Ini tak terlepas dari rekam jejak Qatar sebagai negara yang sangat aktif dalam mendorong institusionalisasi pemberantasan korupsi. Baik di tingkat nasional, regional, dan juga global," ucapnya di Jakarta.

Di bidang anti korupsi, pada 2015, Qatar sukses menjadi tuan rumah United Nations Congress on Crime Prevention and Criminal Justice. Di 2019, melalui ROLACC (Rule of Law and Anti Corruption Center), Qatar bersama United Nations juga berhasil menyelenggarakan capacity building untuk 1.200 penggiat anti korupsi dari seluruh dunia. 

"Dan pada tahun 2023, Qatar juga akan menjadi tuan rumah UNCAC Conference of States Parties. Jadi, semua ini menunjukkan tingginya komitmen Qatar dalam agenda pemberantasan korupsi," katanya.

Fadli Zon sangat yakin konferensi GOPAC di Doha pada tahun ini akan berlangsung dengan sukses. Baik dari jumlah participants, maupun dari kesepakatan yang akan dihasilkan di dalam dokumen Dhoha Declaration.

Sejak dibentuk pada 2002, GOPAC hingga saat ini telah beranggotakan lebih dari 62 negara. Dari 62 national chapter tersebut, keanggotaan GOPAC dikelompokkan menjadi 5 gugus regional, yaitu Asia Tenggara, Amerika Latin, Arab, Afrika dan Oceania. (MA)

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU