Menanti Jokowi Umumkan Ibu Kota Negara yang Baru

- Jumat, 16 Agustus 2019 | 06:08 WIB
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo mengatakan bakal mengumumkan Ibu Kota Negara yang baru pada 16 Agustus 2019 saat Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Kepastian soal ibu kota yang baru akan diumumkan saat pidato kenegaraan. Itu dengan catatan semua tahapan awal sudah dilaksanakan.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memastikan Ibu Kota Negara dipindah ke Kalimantan. Namun, lokasi pastinya masih jadi tanda tanya.

Ada tiga provinsi di Kalimantan yang jadi kandidat, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Semua dinilai punya kelebihan dan kekurangan. Jadi, Jokowi butuh waktu untuk memutuskan daerah mana yang tepat untuk dijadikan sebagai ibu kota yang baru.

Kalsel Paling Tepat

Pengamat pemindahan ibu kota, Ruswandi Tahrir, menilai Kalsel sangat tepat untuk ditunjuk menggantikan DKI Jakarta.

-
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Ruswandi menyebut provinsi itu punya kriteria yang dibutuhkan, yaitu pelabuhan, bandara internasional, zona penyangga dan beberapa hal lainnya. 

 

"Kalimantan Selatan direkomendasikan karena risiko dari bencana banjir dan kebakarannya merupakan yang terendah," ujar Ruswandi. 

Dia menyebut, selain banjir dan kebakaran hutan, ada beberapa bencana yang juga harus diperhatikan. Di antaranya gempa, tsunami, kekeringan, tanah longsor dan gunung api. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X