Penjelasan Imam Besar Istiqlal Mengenai Anjuran Ibadah di Rumah saat Bencana

- Jumat, 20 Maret 2020 | 13:05 WIB
Imam Besar Masjid Istqilal, Nasaruddin Umar (Instagram/@nasaruddin_umar)
Imam Besar Masjid Istqilal, Nasaruddin Umar (Instagram/@nasaruddin_umar)

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar menjelaskan anjuran Nabi Muhammad SAW soal pelaksanaan ibadah saat masa bencana. Dia mengatakan, orang-orang beriman dianjurkan untuk mencegah sesuatu yang mudarat.

"Jangan wabah virus sebesar ini, banjir atau hujan deras pun Nabi pernah meminta umat untuk salat di rumah. Jangan menceburkan diri dalam kebinasaan," kata Nasruddin, Jumat (20/3/2020).

Mencegah mudarat, kata dia, lebih penting daripada mengejar manfaat. Di kondisi Indonesia yang saat ini sedang dilanda wabah virus corona, tidak memungkinkan melaksanakan salat Jumat.

Oleh karena itu, Nasaruddin mengajak umat Muslim untuk ibadah di rumah masing-masing. Meski demikian, mereka yang tidak bisa pergi salat berjamaah di masjid dianjurkan untuk meningkatkan ibadahnya.

"Kita semua sangat cinta pada agama kita, tetapi kita juga diperintahkan dalam Al Quran untuk tidak menceburkan diri dalam kebinasaan. Kalau sudah tahu di suatu tempat ada bahaya besar, kita diminta untuk menghindarinya," kata Nasaruddin.

-
Petugas menyemprotkan cairan desinfektan di Masjid Istiqlal (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X