Ita Dorong Pelaku UMKM Urus Sertifikasi Halal

- Rabu, 22 Februari 2023 | 19:30 WIB
Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Dok. Pemkot Semarang)
Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Dok. Pemkot Semarang)

Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong UMKM untuk mengurus sertifikasi halal produknya guna meningkatkan nilai jual dan minat konsumen. Hal itu ia sampaikan dalam acara Dialog UMKM Dalam Rangka Hari Pers Nasional Tahun 2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim Semarang, Rabu (22/2).

"Ya tentu Pemkot Semarang mengapresiasi usaha di dalam akselerasi (sertifikasi) halal," tutur Ita, sapaan akrab perempuan tersebut. Menurutnya, Kota Semarang sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan memerlukan standarisasi halal khususnya untuk produk makanan. Hal ini dilakukan agar wisatawan dari luar kota merasa tenang saat mengkonsumsi makanan yang ada, meskipun mereka belum familiar dengan daerah Semarang. 

Baca Juga: Ita Kembali Bagikan Pengalaman Tangani Stunting di Kota Semarang

Di samping itu, Indonesia adalah bangsa dengan mayoritas muslim. Dan Pemkot Semarang saat  ini tidak hanya fokus mengundang wisatawan asing tetapi juga dalam negeri yang mayoritasnya juga muslim. 

"Yang tentu ini menjadi salah satu pendampingan bagi para pelaku UMKM yang mungkin belum memahami proses sertifikasi halal karena di dalam proses itu sangat-sangat membutuhkan waktu," lanjut Ita.

Menghadapi hal tersebut, pihaknya mendorong pendampingan bagi UMKM, khususnya bersama lembaga Halal Center seperti Unwahas.

Baca Juga: Atasi Masalah Stunting, Pemkot Semarang Siapkan Daycare Buat Penitipan Anak-anak

"Ini juga membantu pemerintah dan kita harapkan juga tadi saya sampaikan tidak hanya diklasifikasi halal tapi tidak pernah melihat pendampingan seperti pendampingan untuk berkualitas," tegas Ita.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X