Pengawasan Ortu dan Sekolah Kurang, Pelecehan serta Kekerasan Anak Merajalela di Jambi

- Kamis, 30 Maret 2023 | 19:46 WIB
Kasus pelecehan dan kekerasan seksual di Jambi meningkat. (Z Creators/Rudit)
Kasus pelecehan dan kekerasan seksual di Jambi meningkat. (Z Creators/Rudit)

Pelecehan seksual dan kekerasan terhadap anak di Kota Jambi semakin sering terjadi. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD-PPA) Provinsi Jambi, Asi Nopriani, secara tidak langsung dikarenakan perekonomian, pendidikan dan pengawasan orang tua terhadap anak.

“Ya ini kebanyakan dari orang tua yang sibuk bekerja, sehingga waktu untuk anaknya sendiri kurang. Selain itu, juga faktor dari lingkungan sekolah, yang mana saat ini fungsi-fungsi sekolah menurun sekarang," ujar Asi Nopriani, pada Sabtu (11/2/2023).

Menurut Asi, jam belajar anak di sekolah juga harus diperhatikan. Yang seharusnya, sekolah SMA itu mampu mendidik anak mulai dari jam 07.00 hingga jam 16.00 dan SD sampai jam 14.00 hingga 15.00.

"Itu adalah tanggung jawab guru di sekolah, menjalankan fungsi-fungsi sekolah. Mendidik, memantau, dan mampu memberikan pendidikan yang selayaknya," ucapnya.

Baca Juga: Pemilik-Kepala Sekolah Lecehkan 3 Murid, Kemenppa Harap Pelaku Dapat Hukuman Setimpal

-
Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD-PPA) Provinsi Jambi, Asi Nopriani. (Z Creators/Asi Nopriani)

Lanjut Asi, sekarang kebanyakan sekolah itu hanya dianggap sebagai tempat belajar saja. Sehingga, gurunya hanya sebatas mengajar bukan mendidik.

"Harusnya di sekolah menjadi tempat mendidik karakter anak. Jadi anak-anak di sekolah dan gurunya harus mengajarkan mendidik sesuai dengan karakter perkembangan anak," katanya.

Selain itu, para guru di sekolah juga harus mengetahui usia pertumbuhan anak, jika usia remaja gurunya harus bekerja keras sama seperti saat mendidik usia anak sekolah Taman Kanak-kanak (TK).

"Itu semua adalah untuk membangun karakter anak, ini yang terpenting," pungkasnya.

Jika fungsi-fungsi sekolah dilakukan dengan baik dan sejalan dengan orang tua anak, kemungkinan kasus kekerasan seksual dan fisik terhadap anak dapat menurun.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk, bikin cerita dan konten serumu, serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X