Kronologi Kasus Penipuan Umrah, Pelaku Residivis Endorse tokoh Agama untuk Dapat Mangsa

- Jumat, 31 Maret 2023 | 14:19 WIB
kasus penipuan jamaah umrah. (INDOZONE/Wildan).
kasus penipuan jamaah umrah. (INDOZONE/Wildan).

Polda Metro Jaya membongkar kasus penipuan travel umrah bernama PT Naila Safaah Wisata Mandiri (NSWM) dengan jumlah korban mencapai ratusan orang. Diantara korban-korban tersebut, ada yang sampai terlantar di Arab Saudi.

Pemilik usaha travel bernama Mahfudz Abdulah merupakan residivis dalam kasus yang sama. Aksi liciknya terbongkar setelah Kementerian Agama (Kemenag) RI menerima banyak laporan dan akhirnya meminta kepolisian untuk mengusutnya.

Berikut hasil penelusuran reporter Indozone untuk kasus tersebut.

Jemaah lapor tidak bisa pulang dengan alasan visa bermasalah.

-
Kabah (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)

Kementerian Agama (Kemenag) RI mendapat informasi yang berkaitan dengan WNI yang tidak bisa kembali ke Indonesia saat ibadah umrah.

"Jadi korban ini mengadu ke Konjen di Arab Saudi, aduan itu kemudian disampaikan ke Kemenag dan akhirnya sampai ke kita," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (28/3/2023).

Salah satu korban bernama Abdus dan 63 orang lainnya dijadwalkan pulang ke tanah air pada 18 September 2022. Para jamaah kemudian tiba di Bandara Arab Saudi, namun mereka batal kembali ke Indonesia dengan alasan visa bermasalah.

Singkat cerita, puluhan jamaah tersebut dipindahkan ke hotel hingga akhirnya hanya tersisa 16 jamaah yang belum bisa kembali ke tanah air. Usai para korban bersurat ke KJRI, mereka baru bisa dipulangkan.

Baca Juga: Kerugian Korban Travel Umrah yang Ditelantarkan di Saudi, Capai Rp91 M!

Sasar Kaum Pedagang dengan Iming-Iming Umrah Murah, Ada Cashbacknya

-
Polisi Tangkap Pasutri yang tipu jemaah umrah hingga miliaran rupiah. (Istimewa)

Sasaran dari travel umrah PT NSWM yang ternyata merupakan penipu. Mereka menyasar para pedagang dengan iming-iming paket umrah.

"Selama ini (target) ke para pedagang yang ditawari paket umrah," kata Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Ratna Quratul Aini, kepada wartawan.

Dijelaskan bahwa ditawarkan dengan cara mengiming-imingi cashback Rp2 juta hingga gratis keberangkatan untuk satu orang jika mampu mencari sembilan jemaah lain. Travel ini juga menawarkan paket umrah plus.

"Selama ini, yang ditawari umrah plus, wisata di Dubai, jadi tertarik," beber Ratna.

Tentunya, harga yang ditawarkan oleh travel ini sangat miring jika dibandingkan lainnya.

"Dengan iming-iming itu jemaah merasa lebih tertarik, dengan harga yang lebih murah, cash back, dan gratis satu (orang). (Harganya) Rp30-38 juta paket dengan wisata Dubai selama 15 hari," kata Ratna.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X