Polda Jambi Ringkus Perampok Mobil, Modusnya Membius Korban dengan Kopi

- Senin, 12 Juni 2023 | 17:37 WIB
Kopi yang digunakan untuk membius korban perampokan di Jambi. (Z Creators/Rudiansyah)
Kopi yang digunakan untuk membius korban perampokan di Jambi. (Z Creators/Rudiansyah)

Polda Jambi meringkus pelaku perampok mobil truk dengan cara membius korban menggunakan bubuk yang dicampur ke dalam kopi.

Pelaku yang diringkus tersebut yakni Handoko (43) warga asal Temiang, Kecamatan Bandar Laksmana, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Kasubdit Penmas Bidhumas Polda Jambi, Kompol Mas Edy mengatakan, penangkapan yang dilakukan tim Resmob ini pada Jumat, 9 Juni 2023 kemarin.

-
Pelaku perampokan dengan membius korban menggunakan kopi di Jambi. (Z Creators/Rudiansyah)

Pelaku diamankan saat sedang beraksi di Jalan Raya Palembang-Jambi, Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

"Tim mendapatkan informasi bahwa pelaku sedang dalam perjalanan dari Palembang menuju ke Kota Jambi," katanya, Senin (12/6/2023).

Setelah mengetahui informasi tersebut, tim langsung melakukan pemantauan di titik lokasi keberadaan pelaku. Setelah sampai di lokasi, tim melihat pelaku tengah berada di dalam truk counter warna kuning. Selain itu juga terlihat diduga sopir yang akan menjadi korban selanjutnya.

"Tim melihat sopir seperti orang yang sedang mabuk atau setengah sadar. Sepertinya pelaku sedang melancarkan aksinya untuk merampok Truk seperti yang dilakukan pada korban sebenanya," ujarnya.

Kemudian tim di lapangan langsung menghadang mobil Truk yang sedang dikendarai pelaku. Setelah di cek ternyata benar, mobil itu dikemukakan oleh pelaku yang didadamnya juga terdapat seorang sopir yang sudah tak berdaya, diduga sudah diberi obat bius melalui minuman.

"Setelah berhasil menyetop Truk, pelaku langsung diamankan beserta barang bukti. Kemudian diserahkan ke Polres Muaro Jambi untuk dilakukan peroses lebih lanjut," jelas Mas Edy.

-
Pelaku perampokan dengan membius korban menggunakan kopi di Jambi. (Z Creators/Rudiansyah)

Sementara sang sopir truk container yang merupakan korban kesekian pelaku, dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan.

Dijelaskan Mas Edy, modus pelaku saat melancarkam aksinya itu, dengan cara menghubungi korban dengan beralasan untuk mencatar mobil dan membawa barang ke Jambi.

"Pelaku tawarkan upah catar mobil itu sebesar Rp2,5 juta," imbuhnya.

Kemudian, dalam perjalanan menuju ke Jambi, pelaku dan korban berhenti di sebuah Rumah Makan di daerah Bayung Lincir untuk beristirahat. Di sana, korban diperintahkan oleh pelaku untuk memesan kopi dengan alasan agar tidak mengantuk.

"Setelah memesan kopi, korban pergi ke WC dan saat itu lah pelaku melancarkan aksinya dengan memasukkan bubuk ke dalam kopi korban," jelas Mas Edy.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X