Hadapi El Nino, Ganjar Siapkan Cadangan Pangan Hingga Optimalisasi Dana Desa

- Kamis, 22 Juni 2023 | 09:18 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

Berdasarkan pantauan BMKG, Fenomena El Nino sudah terjadi di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Fenomena ini ditandai dengan cuaca kemarau dan turunnya curah hujan.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pun telah menyiapkan sejumlah skema mitigasi untuk menghadapi potensi kekeringan akibat fenomena El Nino. Salah satunya mengeluarkan cadangan pangan pemerintah (CPP) hingga optimalisasi dana desa.

“BULOG kabupaten/kota semuanya mesti siap, kampanye food loss dan food waste itu kita siapkan, mengoptimalkan dana desa untuk bergerak,” kata Ganjar di Kantor Gubernur, Kota Semarang, Jateng, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga: Ganjar Ajak Ribuan Perangkat Desa Sejahterakan Masyarakat Lewat Model Padat Karya

Ganjar mengatakan, stok pangan lokal seperti beras, jagung, dan ketela juga telah disiapkan dalam kondisi-kondisi darurat. Sektor kesehatan juga diperkuat pemerintah untuk menangani potensi penyakit yang akan menjangkiti.

“Lalu air bersih karena air bersih ini kalau kurang besok potensinya penyakit demam berdarah dan sebagainya. Maka kesehatan kita minta untuk jalan,” tutur Ganjar.

-
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

Lebih lanjut, Ganjar menyebut upaya-upaya ini berkaca pada kemarau El Nino yang melanda Jateng tahun 2019 lalu selama 9 bulan. Dampak-dampak di wilayah rawan kekeringan seperti Brebes, Tegal, Demak, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Wonogiri pun telah disiapkan.

“Peta perkiraan puncak kemaraunya itu antara Juli dan Agustus. Tapi kita mesti lihat kalau El Nino-nya bisa lebih panjang maka akan cukup berbahaya. Peta bahaya kekeringannya sudah kita petakan semuanya,” kata Ganjar.

Baca Juga: Seru! Saat Gen Z Bali Ngomongin Konten hingga Kriteria Pemimpin Masa Depan

“Setiap OPD betul-betul menyiapkan diri masing-masing agar kita bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada. Jadi ini kita siapkan rencana aksi, mitigas tesiko dari dampak El Nino,” sambungnya.

Ganjar pun mengajak masyarakat untuk turut terlibat dalam mitigasi kekeringan di Jateng. Salah satunya dengan menjaga produksi pertanian tanaman pangan rumah tangga.

“Kita minta satu menjaga produksi pertanian pangan dan kita mendorong rumah tangga-rumah tangga juga untuk menanam sendiri. Terus kemudian perikanan, peternakan, perkebunan kita siapkan,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X