Safari Ramadhan ke Tulungagung, Khofifah Salat Tarawih di Masjid Kuno Desa Macanbang

- Kamis, 6 April 2023 | 14:20 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Z Creators/Firman Imansyah)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Z Creators/Firman Imansyah)

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menggelar safari ramadhan dengan membagikan ratusan paket santunan kepada anak yatim piatu di Tulungagung.

Kegiatan dilanjutkan dengan menggelar salat tarawih berjamaah di Tulungagung, lokasi yang dipilih oleh Gubernur Khofifah bukanlah masjid paling megah di tengah kota, melainkan di sebuah masjid berukuran kecil yang ada di Desa Macanbang kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.

Butuh lebih kurang 20 menit menuju ke masjid ini dari pusat Kota Tulungagung, melintas persawahan yang membentang di sepanjang jalan menuju masjid yang lebih mirip langgar atau musala ini.

Rupanya Gubernur Khofifah memiliki alasan tersendiri memilih lokasi ini sebagai tempat sholat tarawih berjamaah.

Dirinya menyebut, selama safari ramadhan ke sejumlah daerah yang ada di Jawa Timur ini, dirinya selalu menyempatkan diri untuk singgah dan sholat tarawih berjamaah di sejumlah masjid yang memiliki nilai sejarah kuat penyebaran Islam di wilayah tersebut.

"Hari ini kita tarawih di Masjid Macanbang Tulungagung, karena memiliki nilai historis kuat dalam penyebaran Islam di Tulungagung," jelasnya, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga: Gubernur Khofifah Pastikan Stok Bahan Pokok di Pasar Wage Nganjuk Aman dan Harga Stabil

Masjid di desa ini sendiri memang masih terlihat sangat klasik, meskipun Ta'mir masjid sudah melakukan renovasi di beberapa bagian, namun susunan pilar yang ada di masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Sunan kuning ini menandakan masjid ini memang dibangun dengan model perkuatan bangunan jaman dahulu yang mengandalkan banyak pilar.

-
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Z Creators/Firman Imansyah)

Tidak hanya itu saja, suasana adem juga langsung terasa saat menginjakkan kaki di ubin masjid yang semuanya berwarna kuning.

Baca Juga: Sekjen Partai Gerindra Akui Bahas Cawapres Pertemuan dengan Khofifah

Disebelah barat masjid ini terdapat kompleks makam, yang dipercaya sebagai Makam Sunan Kuning beserta dengan keluarga dan sanak familinya.

Konon berdasarkan dari cerita mulut ke mulut, masjid ini sudah ada sejak abad ke 16, saat penyebaran Islam ke berbagai daerah di Jawa Timur sedang gencar - gencarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini .

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X