Wapres Dukung Mahfud MD Bentuk Satgas Usut Transaksi Janggal Rp349 Triliun

- Selasa, 11 April 2023 | 16:51 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (kanan) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Wapres Ma'ruf Amin (kanan) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung Menkopolhukam Mahfud MD membentuk satuan tugas (satgas) untuk menindaklanjuti transaksi janggal Rp349 triliun yang diduga terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Saya kira pemerintah akan mendukung kok, bagus itu,” kata Wapres kepada watawan di Kalimantan Selatan, Selasa (11/04/2023).

Baca Juga: Bentuk Satgasus Transaksi Janggal Rp349 Triliun, Mahfud MD Diminta Jelaskan Tugas-tugasnya

Wapres menilai, keberadaan satgas yang melibatkan lintas instansi itu akan membuat terang pengungkapan kasus transaksi janggal tersebut. Diketahui, informasi transaksi mencurigakan itu berhasil dihimpun PPATK sejak tahun 2009 hingga 2023.

“Dengan adanya satgas ini nanti akan jelas, sebenarnya dana itu dana siapa, kemana saja, darimana, apa yang sebenarnya terjadi, siapa yang mendapatkan dana secara tidak sah,” ujarnya.

Wapres juga mengharapkan, pembentukan Satgas oleh Komite TPPU akan menghindarkan kecurigaan masyarakat kepada pihak-pihak yang tidak bersalah. Selain itu, adanya satgas juga dinilai sebagai upaya memberantas korupsi.

“Jadi tidak hanya angka, tapi tidak tahu ini detailnya seperti apa. Sehingga melalui satgas, tidak terjadi lagi semacam menuduh pihak-pihak secara tidak jelas, tidak tabayyun, tidak adanya penelusuran, itu saya kira penting,” pungkasnya.

Baca Juga: Mahfud MD soal Transaksi Rp349 Triliun: Libatkan 491 ASN Kemenkeu, Ada 3 Kelompok

Sebelumnya, Mahfud MD diminta menjelaskan secara lengkap terkait kerja-kerja Satuan Tugas Khusus (Satgasus) yang bertugas menelusuri transaksi janggal  senilai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan. 

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani mengatakan, langkah pembentukan Satgasus merupakan sesuatu yang baik dalam upaya menindaklanjuti temuan transaksi janggal tersebut.

"Kami di Komisi III akan memberikan dukungan yang diperlukan dalam konteks tugas dan fungsi DPR untuk menindaklanjuti soal ini, dan untuk itulah tentu penjelasan yang lebih mendalam diperlukan di forum rapat Komisi III," kata Arsul kepada wartawan, Selasa (11/4/2023).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X