Siap Temui Putin dan Zelenskyy, Hari Ini Jokowi Bertolak ke Ukraina dan Rusia

- Minggu, 26 Juni 2022 | 11:55 WIB
Kiri-kanan: Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Joko Widodo, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (REUTERS/ANTARA FOTO)
Kiri-kanan: Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Joko Widodo, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (REUTERS/ANTARA FOTO)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Zelenskyy. Dalam pertemuan itu, ia akan membawa misi perdamaian dunia agar peperangan bisa dihentikan.

Namun sebelum ke Ukraina, Jokowi akan terlebih dahulu ke Jerman untuk menghadiri KTT G7. Di sana ia hadir sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua atau presidensi G20.

Selama menghadiri KTT G7, Jokowi pun akan mengupayakan perdamaian di Ukraina dapat terjadi, dan segera mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia.

“Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian,” ucapnya, Minggu (26/6/2022).

“Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” tambah Jokowi.

BACA JUGA: Bantah Hubungan dengan Jokowi Retak, Megawati: Lama-lama Jengkel Juga!

Setelah dari Ukraina, Kepala Negara tersebut akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Ia pun akan melakukan dialog yang sama, yakni mengusung misi perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

“Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” tandasnya.

Jokowi pun berangkat dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (26/6/2022). Namun keberangkatannya ke Eropa itu tidak ditemani oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X