The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mendag Lutfi Wakili Presiden Luncurkan IPEF, Ini 4 Poin Penting yang Disampaikan
Mendag Lutfi. (Instagram/@mendaglutfi)
News

Mendag Lutfi Wakili Presiden Luncurkan IPEF, Ini 4 Poin Penting yang Disampaikan

Rabu, 25 Mei 2022 16:06 WIB 25 Mei 2022, 16:06 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menghadiri peluncurkan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik, secara virtual di Jakarta pada Senin, 23 Mei 2022. Kehadiran Mendag Lutfi untuk mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Dalam pidatonya, Mendag Lutfi menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik upaya untuk memperkuat kerja sama dan hubungan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik melalui IPEF ini.

Dalam kesempatan tersebut Mendag Lutfi menyampaikan beberapa hal penting yang harus digarisbawahi.

"Pertama, IPEF harus melakukan kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan satu sama lain," ujar Mendag seperti dikutip dari akun Instagram resminya @mendaglutfi.

Kedua, IPEF harus inklusif dan terbuka bagi negara-negara yang lain di kawasan Indo-Pasifik. Mendag Lutfi menilai, kawasan Indo-Pasifik terlalu luas jika hanya mengakomodir kepentingan negara tertentu saja.

“Dengan kerja sama ekonomi yang inklusif, maka akan berdampak positif dalam jangka panjang,” tuturnya.

Ketiga, IPEF seharunya tidak boleh menjadi beban baru untuk negara-negara berkembang. Namun, negara-negara lain harus bisa berpartisipasi penuh dengan dukungan dari negara-negara IPEF.

Yang terakhir, IPEF harus mendorong sinergi antara IPEF dan kerangka kerja ekonomi milik negara lain di region (Indo-Pasifik) terutama ASEAN.

"IPEF merupakan bentuk nyata pemerintah Presiden Jokowi yang mengedepankan perdagangan yang adil, inklusif dan tangguh dalam menghadapi tantangan," tandasnya.

Diketahui, IPEF diinisiasi oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mana beranggotakan 13 negara, termasuk Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US