Warga Pinrang Dihantui Tanah Retak, Ratusan Siswa SD Jadi Sekolah di Tenda!

- Kamis, 26 Mei 2022 | 21:23 WIB
Siswa belajar di dalam tenda (Asri Mursyid/IDZ Creators)
Siswa belajar di dalam tenda (Asri Mursyid/IDZ Creators)

Sebanyak 102 siswa SDN 158 Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) harus belajar di tenda pengungsian. Sebab, sekolah mereka ikut terdampak insiden tanah retak.

"Ada retakan di lantai sekolah akibat longsor karena di sana hujan. Makanya saya sampaikan kepada kepala sekolah agar belajar di tenda untuk sementara," ujar Korwil UPT Dikbud Kecamatan Lembang, Aco Sewali kepada Tim IDZ Creators Kamis (26/5/2022).

Aco menyebutkan, sekolah itu terletak di Dusun Pangembang, Desa Suppirang, Kecamatan Lembang, Pinrang. Siswa enggak belajar di gedung sekolah karena menghindari kemungkinan terburuk akibat tanah retak. 

"Sebenarnya sekolah ini agak jauh dari lokasi permukiman warga yang terkena retakan tanah, namun masih di satu desa yang sama. Kami takut retakan tanah meluas hingga membahayakan siswa. Makanya lebih baik di tenda saja untuk sementara belajar," ucapnya. 

-
Siswa terpaksa belajar dengan fasilitas seadanya (Asri Mursyid/IDZ Creators)

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Pinrang, Andi Budaya mengaku telah menerima laporan adanya siswa SD belajar di tenda. Dia menyebut, hal itu dilakukan sebagai antisipasi adanya bencana susulan. 

"Ini juga demi keselamatan siswa. Kita bantu agar siswa ini harus tetap belajar. Aktivitas belajar mereka tidak boleh terhenti," ujar dia. 

Insiden tanah retak di Dusun Ratte, Desa Suppirang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (10/5/2022) lalu memaksa 80 kepala keluarga (KK) di dusun tersebut untuk mengungsi.

-
Tanah retak menghantui 80 KK di Pinrang, Sulsel (Asri Mursyid/IDZ Creators)

Retakan tanah sampai ke kolong rumah panggung warga dan membuat satu bangunan SDN 158 Pinrang ikut terdampak.

Sebanyak 80 KK sudah dievakuasi. Pemerintah setempat akhirnya menetapkan Dusun Ratte sebagai zona merah.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X