Tolong! Ribuan Warga Desa Dorang Jepara Terendam Banjir, Bukan Surut Tapi Makin Parah

- Jumat, 6 Januari 2023 | 17:33 WIB
Banjir Desa Dorang, Jepara. (Z Creators/Dedy Setyawan)
Banjir Desa Dorang, Jepara. (Z Creators/Dedy Setyawan)

Akibat luapan aliran Sungai Serang Welahan Drainase (SWD) 1, Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah, ribuan warga dilanda banjir sejak tiga hari terakhir, Jumat, 6 Januari 2023. Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. 

-
Warga melakukan evakuasi korban banjir Desa Dorang, Jepara. (Z Creators/Dedy Setyawan)

Ratusan rumah warga mulai tergenang hingga tak bisa ditempati. Kondisi ini memaksa ratusan warga harus mengungsi. Aktivitas warga yang sebagian besar sebagai petani sementara terhenti.

"Banjir di Desa Dorang terjadi akibat luapan aliran Sungai Serang Welahan Drainase, memasuki area persawahan dan pemukiman penduduk. Setidaknya ada 150 rumah terendam dan lebih dari seribu warga terdampak karena area persawahan dan jalan utama desa tergenang banjir,” ujar Kepala Desa Dorang, Arif Supratiknyo.

-
Banjir Desa Dorang, Jepara. (Z Creators/Dedy Setyawan)

Dari pantauan Z Creators di lapangan banjir yang terjadi di Desa Dorang kian tinggi mencapai pinggang orang dewasa. Sementara di Desa Tapen sebelahnya ketinggian air mencapai 120 cm.

BPBD Jepara bersama relawan membantu evakuasi orang tua dan balita. warga mulai menyelamatkan sepeda motor dengan menggunakan rakit dari batang pohon pisang.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X