Megawati: Pak Jokowi Tanpa PDI Perjuangan, Kasihan Dah

- Selasa, 10 Januari 2023 | 17:07 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)

Ketua Umum (Ketum) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan, Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa menjadi presiden seperti sekarang tanpa PDIP. Sebab, syarat legal formal seseorang mencalonkan menjadi Presiden RI hanya diusung oleh partai politik. I

Itu termaktub dalam Undang-Undang (UU) tentang Pemilu. Megawati Soekarnoputri menyampaikan itu dalam pidatonya di acara puncak HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

"Pak Jokowi kalau enggak ada PDI Perjuangan, ya, kasian dah. Lho, legal formal lho. Mereka jadi presiden enggak ada gini, legal formal, ikutan aturan mainnya," kata Megawati, Selasa (10/1/2023).

-
Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, dan Wapres Ma'ruf Amin (Dok. PDIP)

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Berkunjung ke Candi Prambanan Bersama Cucunya

Megawati juga menyebut, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin dan Menkopolkam Mahfud MD turut direkomendasikannya untuk membantu Presiden Jokowi di pemerintahan.

“Terus, saya bilang ke Pak Jokowi, pendampingi Pak Ma’ruf, ya. Pak Mahfud, jadi begini. Lah, mereka ini dulu anak buahku, lho," ungkapnya.

Kemudian, Megawati menyinggung soal penunjukkan dirinya oleh Presiden Jokowi untuk menjabat Ketua Pembina Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Meski sempat terkejut, Megawati tidak mempermasalahkan ditunjuk sebagai ketua BPIP. Sebab, dia tidak ingin mencari kekuasaan.

Baca Juga: Puncak HUT Ke-50 PDIP, Megawati dan Presiden Jokowi Tonton Aksi Terjun Payung!

“Ya, udah, saya dikasih BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Ya, sudah. Saya, kan, tidak cari kuasa, toh," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X