Transjakarta bakal Pasang CCTV yang Bisa Deteksi Wajah untuk Cegah Pelecehan Seksual

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:17 WIB
Penampakan bus Transjakarta. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Penampakan bus Transjakarta. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memasang CCTV yang bisa mengidentifikasi wajah seseorang di setiap layanannya. Hal tersebut dilakukan guna menangani masalah pelecehan seksual yang marak terjadi di transportasi umum.

Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto mengatakan hingga saat ini kemampuan CCTV yang sudah terpasang telah mumpuni, namun pihaknya akan meningkatkan agar bisa mengidentifikasi wajah.

"Namun kami sedang mengupgrade beberapa CCTV kami, terutama yang di halte untuk bisa face recognition-nya tapi memang ini bertahap," ucapnya, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Angkat Bicara soal Rumah Sehat untuk Jakarta, Dinkes DKI Pastikan Nama RSUD Tetap Ada

"Jadi beberapa halte sudah mulai ada, ketika dia sudah ada, kita sudah mengidentifikasi ini mukanya seperti ini. Tapi memang belum semuanya," tambah Yoga.

Kendati demikian, Yoga dapat memastikan bahwa tidak ada lagi titik buta atau blind spot pada setiap fasilitas Transjakarta yang bisa mempersulit jika terdapat laporan penumpangnya mengalami pelecehan.

"Tapi di halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi blind spot yang di mana semua area itu pasti ketauan dari CCTVnya," terangnya.

Sebelumnya, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengeluarkan surat edaran agar seluruh transportasi umum di Jakarta memasang stiker yang berisi nomor darurat untuk melaporkan pelecehan seksual, yakni 112 atau 081317617622.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X