Kompolnas Harap Timsus Usut Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam Bisa Objektif

- Kamis, 14 Juli 2022 | 10:25 WIB
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Kompolnas memberikan apresiasi terhadap Kapolri Listyo Sigit Prabowo karena sudah membentuk tim khusus dan menggandeng pihak eksternal dalam pengusutan kasus baku tembak di rumah Kadiv Propam. Timsus ini diharapkan bekerja dengan objektif.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Kapolri atas langkah yang diambil yaitu dengan membentuk tim gabungan dengan melibatkan unsur eksternal dalam hal ini Kompolnas dan Komnas HAM," kata Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta semalam.

Benny berharap tim ini dapat bekerja secara objektif mengungkap fakta di balik peristiwa baku tembak tersebut.

"Langkah ini diharapkan nanti bisa memastikan bahwa proses penyidikan yang dilaksanakan sesuai dengan aturan objektif dan semua analisis kesimpulan itu berdasarkan fakta lapangan yang sudah teruji baik melalui pendekatan scientific maupun para ahli terkait. Di samping itu juga kroscek kesaksian menjadi penting," beber Benny.

Baca Juga: Tak Buru-buru Nonaktifkan Kadiv Propam, Langkah Kapolri Didukung DPR RI

Lebih jauh Kompolnas disebutnya membuka ruang masukan dari publik. Tak hanya Kompolnas, Benny menyebut tim bentukan Kapolri ini juga terbuka menerima masukan-masukan dari publik.

"Kami tentunya juga menyarankan semua masukan dari publik, saya yakin tim akan terbuka dan diharapkan bisa mengclearkan satu persatu isu dikaitkan dengan fakta di lapangan. Maka nanti publik dapat mendapatkan informasi yang betul-betul akurat dan dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Benny.

Sekedar informasi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk mengusut kasus baku tembak di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Tim khusus ini bekerja mengecek ulang hasil penyidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan.

Tim ini juga menggandeng unsur eksternal Polri antara lain Kompolnas hingga Komnas HAM.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X