Sandiaga Beri Bantuan Beasiswa Kewirausahaan Bagi Milenial Berprestasi di Jatim

- Jumat, 26 Mei 2023 | 09:09 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno. (Dok. Sandiaga Uno)
Menparekraf, Sandiaga Uno. (Dok. Sandiaga Uno)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memberikan motivasi sekaligus beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi berprestasi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/5/2023). 

Bersama Sandination, Program Beasiswa Pelatihan Youthpreneurship Berbasis Digital ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pembisnis generasi muda sekaligus bisa mengurangi permasalahan pengangguran. 

Selain itu, program ini juga dapat membangun disiplin, kerja keras, dan kemandirian dari para peserta hingga bisa menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha. 

"Beasiswa ini kita hadirkan untuk menjawab tantangan bahwa para pelaku UMKM ini butuh digitalisasi dan anak-anak muda punya kreasi, imajinasi dan inovasi. Beasiswa ini juga membantu mereka bukan hanya dari kegiatan kampus, tapi dengan konsep kampus merdeka mereka bisa menciptakan konten-konten dan membantu penjualan," ungkap Sandiaga dalam siaran persnya, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga: Next Gen Festival Bakal Digelar, Cocok Buat Generasi Muda yang Banyak Ide dan Inovatif

Di era digital dan ekonomi kreatif inilah terdapat banyak tantangan bagi para UMKM pemula. Adapun tantangan yang harus dicermati yaitu, Upskilling, Reskilling, dan New Skilling, jika dibandingkan dengan masanya dulu sebagai pengusaha dan sekarang, kemajuan teknologi dan sistem digital menjadi pembeda. 

Maka dengan begitu, generasi muda harus perbanyak keterampilan baru guna mempercepat kesejahteraan masyarakat. 

-
Menparekraf, Sandiaga Uno. (Dok. Sandiaga Uno)

"Pertama Upskilling mereka harus ditingkatkan, Reskilling kita menyesuaikan dikeadaan pasca pandemi, dan New Skilling mereka belajar skill-skill baru, ilmu-ilmu baru, keterampilan baru di era digitalisasi. Hal ini untuk menggerakan ekonomi kita dan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Sandiaga. 

Sandiaga juga sangat optimis dengan capaian 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024. Sebab, program beasiswa yang dijalankan oleh Sandination sudah merambah ke Aceh hingga Indonesia Timur.

Baca Juga: Gaet Suara Millenial dan Gen Z, PPP Lakukan Program Ini

Sementara itu, Dini Putri Pratiwi, salah satu tim Management Sandination mengungkapkan, kegiatan tersebut ditujukan untuk mencetak para generasi muda menjadi pemimpin yang berkualitas dan berintegritas. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu mengimplentasikan skill yang diajarkan. 

"Kegiatan ini untuk mencetak generasi muda jadi pemimpin Indonesia yang berkualitas dan berintegritas di masa depan. Kami sendiri memberikan pembekalan kepada mereka mulai dari leadership, enterpreneurship, grooming, etika, dan attitude," kata Dini.

"Kami sendiri melakukan pelatihan ini dibidang enterpreneurship salah satunya hari ini, mereka itu mendapatkan skill dalam mempromosikan usahanya," lanjut Dini. 

Tidak hanya pelatihan, dalam kegiatan ini dilaksanakan juga penyerahan MOU kepada Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Universitas Narotama. Kegiatan diramaikan oleh mahasiswa Universitas Airlangga, Universitas Bhayangkara Surabaya, dan komunitas lainnya serta UMKM yang menjajakan produknya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X