Astronom Temukan Dua Planet Mirip Bumi

- Kamis, 20 Juni 2019 | 10:49 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay

Para ilmuwan menemukan dua planet mirip Bumi yang mengelilingi bintang hanya dalam waktu 12,5 tahun cahaya.

Dunia yang baru ditemukan itu berada di dalam zona layak huni bintang Teegarden, bintang yang disebut sebagai yang terkecil yang pernah diukur.

Pengamatan sejauh ini menunjukkan, sepasang planet tersebut dapat berbagi kesamaan dengan planet-planet yang terletak lebih dekat ke matahari di tata surya kita, meskipun bintang Teegarden tidak terlalu panas.

Bintang Teegarden adalah salah satu tetangga terdekat tata surya kita dan memiliki suhu yang mencapai 2.700 °C. Ini kira-kira 10 kali lebih ringan dari matahari.

Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Astronomy and Astrophysics, para ilmuwan telah merinci kemungkinan keberadaan dua planet di sekitarnya.

Ini terdeteksi dengan cara yang tidak biasa; alih-alih metode 'transit' yang tipikal, di mana planet-planet dapat terlihat melintas di depan bintang mereka, posisi dua dunia baru itu memungkinkan mereka untuk dideteksi lewat di depan matahari kita.

Menurut tim, data tersebut adalah indikasi yang jelas tentang keberadaan mereka.

"Kedua planet ini menyerupai planet bagian dalam tata surya kita," kata pemimpin penulis Mathias Zechmeister dari Institute for Astrophysics di University of Göttingen. Dinukil dari Dailymail, Kamis (20/6/2019).

"Mereka hanya sedikit lebih berat dari Bumi dan terletak di zona layak huni, di mana air dapat hadir dalam bentuk cair."

Apakah planet-planet itu layak dihuni masih merupakan misteri. Tetapi menurut tim, jika seseorang berdiri di permukaan, mereka akan dapat melihat rumah kita sendiri dengan hanya melihat ke belakang. Artinya, menggunakan teknik tradisional mencari planet.

"Karena itu, penghuni planet baru akan memiliki kesempatan untuk melihat Bumi menggunakan metode transit," kata Profesor Ansgar Reiners.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X