Duta Besar China Peringatkan Inggris Terkait Pemblokiran Huawei

- Kamis, 13 Juni 2019 | 16:48 WIB
Instagram/asiahousearts
Instagram/asiahousearts

Duta besar China untuk Inggris Liu Xiaoming peringati pemerintahan Inggris untuk tidak memblokir Huawei dalam pengembangan jaringan 5G. 

"Itu akan memberikan pesan sangat buruk, tidak hanya bagi Huawei namun juga bisnis China," kata Duta Besar Liu Xiaoming. 

Ia juga menambahkan, jika pemerintah Inggris memblokir Huawei hal itu tidak hanya berdampak buruk pada perdagangan saja, melainkan juga investasi China.

Pihak operator seluler Inggris mendesak pemerintah untuk memperjelas permasalahan ini.  

Dewan Keamanan Nasional Inggris, yang dipimpin Perdana Menteri Theresa May, pada April menggelar pertemuan untuk membahas Huawei. Mereka memutuskan untuk memblokir Huawei dari seluruh bagian inti jaringan 5G tetapi memberikannya akses terbatas ke bagian non-inti.

Keputusan akhir oleh para menteri senior kabinet Inggris dijadwalkan berlangsung dalam beberapa pekan terakhir namun janji May untuk mundur sebagai perdana menteri menghentikan proses tersebut, kata beberapa sumber.

Seperti diketahui, Amerika sudah memboikot perusahaan huawei, hal ini dilakukan untuk keamanan. AS menempatkan perusahaan pada Daftar Entitas, yang merupakan daftar pihak asing yang dinilai oleh Departemen Perdagangan AS untuk menimbulkan potensi keamanan nasional atau ancaman kebijakan luar negeri.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X