Mendikbud Nadiem Makarim Sebut UN Masih Ada di Tahun 2020
Antara/Fakhri Hermansyah/Siswowidodo
News

Mendikbud Nadiem Makarim Sebut UN Masih Ada di Tahun 2020

Minggu, 01 Desember 2019 14:36 WIB 01 Desember 2019, 14:36 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, Ujian Nasional (UN) masih akan tetap dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

"Yang sudah pasti 2020 kan masih akan jalan UN. Itu kan sudah kami umumkan biar tenang bagi yang sudah belajar dan lain-lain. Ini keputusan untuk yang di tahun berikutnya," ungkap Nadiem.

Sebelumnya, Nadiem sempat mengatakan bahwa ia berencana akan menghapuskan UN. Wacana tersebut muncul setelah adanya sejumlah keluhan dari masyarakat. Baik itu guru maupun para murid.

"Banyak sekali aspirasi dari masyarakat sebenarnya dari guru, dari murid, dari orang tua, yang sebenarnya banyak juga dari mereka yang inginnya bukan hapus, tapi menghindari hal-hal yang negatif dari sisi stres kaya hukum siswa yang mungkin dari bidang itu kurang kuat dan lain-lain," ujar Nadiem.

Ia juga mengatakan, rencana penghapusan UN kini sedang dalam tahap pengkajian dan sedang didalami. Penghapusan UN, kata Nadiem, untuk menghindari hal-hal negatif yang bisa membuat siswa/i menjadi stres.

Hasil pengkajian terkait penghapusan UN akan diumumkan oleh Nadiem dalam waktu dekat.

"Minggu lalu kan tahap assessment, tahap mengevaluasi, jadi ya belum siap. Pasti hasil kajiannya akan kita share," ungkap Nadiem.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU