6 Tahun Bak Ditelan Bumi, Bibi Kim Jong Un Muncul Kembali

- Minggu, 26 Januari 2020 | 18:49 WIB
Kim Jong Un, Istrinya Ri Sol Ju, dan bibinya Kim Kyong Hui menyaksikan perayaan Tahun Baru Imlek di Pyongyang. (KCNA via REUTERS)
Kim Jong Un, Istrinya Ri Sol Ju, dan bibinya Kim Kyong Hui menyaksikan perayaan Tahun Baru Imlek di Pyongyang. (KCNA via REUTERS)

Setelah "menghilang" selama 6 tahun terakhir, bibi Kim Jong Un, Kim Kyong Hui, muncul kembali di publik. Dalam foto yang diunggah media nasional Korea Utara, terlihat Kyong Hui sedang duduk di dekat Kim dalam perayaan Tahun Baru Imlek di Pyongyang.

Kyong Hui adalah saudara perempuan dari Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un. Dia sempat memiliki posisi berpengaruh selama Kim berkuasa. Dia dan suaminya punya semacam kekuatan politik Korea Utara di belakang keponakan muda mereka, yang menggantikan ayahnya pada Desember 2011.

Namun, setelah Kim Jong Un memerintahkan eksekusi mati terhadap suaminya, Jang Song Thaek, yang kala itu dianggap sebagai orang berpengaruh nomor dua di Korea Utara, Kyong Hui menarik diri dari publik tahun 2013.

Kembalinya Kyong Hui memberi kesan bahwa dia tetap memiliki kuasa di Korea Utara, atau setidaknya punya posisi berpengaruh di balik layar pemerintahan.

“Banyak pengamat Korea Utara berasumsi bahwa Kim Kyong Hui berada di pengasingan atau bahkan dibunuh menyusul eksekusi sang suami, sehingga kemunculannya bersama sang pemimpin tentu saja mengejutkan,” ujar Oliver Hotham, editor NK News, organisasi media berbasis di Seoul, Korea Selatan, yang memantau Korea Utara.

“Bahwa dia duduk di samping sang pemimpin dan berada di daftar setelah Choe Ryong Hae, menunjukkan dia diberi posisi baru yang signifikan, mungkin sebagai penasihat Kim Jong Un di bidang ekonomi atau politik,” kata Hotham.

Hotham juga mengatakan bahwa potret ini menunjukkan bagaimana "aneh dan brutalnya" Korea Utara, bahwa Kyong Hui duduk di samping orang yang memerintahkan suaminya dieksekusi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X