Tutup TMMD 105, Panglima TNI: Pembangunan Untuk Masyarakat

- Kamis, 8 Agustus 2019 | 16:54 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menutup TMMD ke-105. (Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menutup TMMD ke-105. (Puspen TNI)

Kali pertama dimulai pada tahun 1980, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) atau dulu dikenal dengan nama ABRI Masuk Desa (AMD), diakui membantu akselerasi percepatan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerangkan, digagas pertama kali oleh Jenderal TNI M. Yusuf, TMMD merupakan kegiatan bhakti TNI yang dikerjakan secara terpadu, lintas sektoral bersama kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah dan masyarakat.

-
Puspen TNI

 

"Sampai saat ini, TMMD sukses membangun/merehab jalan sepanjang 24.391.653 meter, irigasi (3.572.223), pipa air bersih (1.209.002), rumah layak huni 35.166 unit, jembatan (7.418), sarana ibadah (8.162)gedung sekolah (7.786) dan pemasangan jaringan listrik di 15.484 lokasi," terang Panglima TNI dalam penutupan TMMD ke-105 Tahun 2019 di Lapangan Kompleks Stadion Sempaja, Samarinda Kalimantan Timur. Kamis (8/8/2019).

Selain pembangunan fisik, lanjut Panglima TNI, TMMD juga menyelenggarakan kegiatan non-fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi di berbagai bidang, terkait kebutuhan masyarakat, serta kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Marsekal Hadi, TMMD yang dilaksanakan secara serentak di sejumlah wilayah di Indonesia, dilaksanakan dengan proses perencanaan berdasarkan aspirasi masyarakat, dipadukan dengan program pemerintah daerah dan dibahas di DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD.

"Dengan telah selesainya TMMD ke-105, kita semua tentunya berharap hasil yang telah dicapai dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Apa yang telah dibangun bersama hendaknya dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang," harap Panglima TNI.

-
Puspen TNI

 

Selain terjun payung free fall, penutupan TMMD kali ini diisi juga dengan pembagian 3 ribu paket sembako, khitanan massal 150 anak, donor darah, pemeriksaan mata dan pembagian 1.000 kacamata baca, pengobatan umum, pemeriksaan gigi, pelayanan KB hingga pembagian kaki palsu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sultan Kutai Kerta Negara Ing Martadipura ke XXl, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarwan Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Priyo Widyanto, Ketua DPRD Kalimatan Timur M. Syahrun H.S, Kajati Kalimantan Timur Ely Shahputra, serta pajabat TNI, Polri dan pemerintah daerah setempat.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X