Riset: Seorang yang Gemar Menyendiri Ternyata Lebih Pintar

- Jumat, 24 Mei 2019 | 16:01 WIB
Ilustrasi/Ist
Ilustrasi/Ist

Manusia adalah makhluk sosial yang harus menjaga hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, kegiatan berkumpul dengan teman-teman sesuatu hal yang sangat biasa terjadi. Dan bahkan, berkumpul dengan orang lain dapat membawa perasaan bahagia tersendiri dan energi yang positif.

Namun tak jarang juga ada orang yang justru lebih memilih untuk sendiri. Mereka adalah orang-orang yang merasa nyaman dengan dirinya. Meski tidak menyukai keramaian dan kepribadian yang cenderung tertutup, beberapa orang melihat hal tersebut menjadi aneh, padahal ada yang mengejutkan dibalik perilaku yang gemar menyendiri.

Dalam sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, menemukan fakta yang menarik tentang perilaku seorang yang senang menyendiri. Penelitian tersebut untuk mengukur kepuasan hidup, kecerdasan, dan kesehatan.

Penelitian ini melibatkan 15.000 orang. Setelah mendapatkan hasilnya, peneliti kemudian menganalisis hasil yang didasari oleh dua ciri khas kehidupan modern, yaitu kepadatan penduduk dan frekuensi komunikasi dengan sesama.

Dari penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa seseorang yang kurang cerdas karena mereka lebih senang berinteraksi dengan orang lain. Sementara itu, orang cerdas terlihat sangat jarang melakukan interaksi.

Selain itu, orang-orang cerdas lebih suka tinggal di perkotaan dibanding pedesaan. Hal ini berkaitan dengan gagasan yang dimana kepadatan populasinya lebih tinggi, maka tingkat interaksi sesamanya akan lebih sedikit.

“Secara umum, kaum urban memiliki kecerdasan rata-rata yang lebih tinggi daripada penduduk pedesaan. Bisa jadi hal ini dikarenakan individu yang lebih cerdas lebih mampu hidup di lingkungan yang tidak alami dimana jarang terjadi interaksi satu sama lain,” tulis peneliti.

Namun, tak berarti orang yang gemar berinteraksi dan senang berkumpul adalah kurang cerdas. Karena penelitian ini hanya untuk memahami bahwa banyak orang cerdas yang ternyata lebih senang menyendiri.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X