Pengamat Ramal Pengumuman Kabinet Jokowi-Ma'ruf Bukan Minggu Besok
Warga melukis mural bergambar Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Kampung Gremet, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10). (Antara/Mohammad Ayudha)
News

Pengamat Ramal Pengumuman Kabinet Jokowi-Ma'ruf Bukan Minggu Besok

Juga bukan Senin.

Sabtu, 19 Oktober 2019 17:05 WIB 19 Oktober 2019, 17:05 WIB

INDOZONE.ID - Ramai soal tebak-menebak sikap partai Gerindra terhadap pemerintah. Namun, tak kalah ramai juga, yaitu tebak-tebakan kapan Presiden Joko Widodo akan mengumumkan susunan kabinetnya. 

Di akun Twitter pribadinya, Jokowi mengisyaratkan masyarakat bersabar. Cuitan Jokowi dengan likes hingga 512.226 kali itu diberikan caption gambar berupa gagang telpon yang tergantung terbalik.

Oleh beberapa kalangan, hal itu diartikan bahwa Jokowi sudah mengantongi nama-nama dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan.

"Menurut saya itu secara simbolik adalah pesan yang paling kuat. Apa artinya? Apa arti dari gambar telepon tergantung? Kenapa bukan gambar HP? Karena HP tidak punya tali. Jadi pesannya 1 (pertama), sabar, sabar dan sabar," ujar Direktur Eksekutif Indobarometer, Muhammad Qudari, di Jakarta, Sabtu (19/10). 

Menurut Qudari, pengumuman susunan kabinet tidak dilakukan setelah pelantikan, Minggu (20/10). Sebab, selain waktu pelantikan sudah sore, pada hari pelantikan itu juga Jokowi-Maruf Amin akan disibukkan dengan hal-hal lain, misalnya menerima ucapan selamat dan kunjungan kehormatan lainnya. 

"Rangkaian acara mungkin selesai jam 4 (sore). Kalau mau mengumumkan kabinet sudah terlalu sore. Tahun 2014, Pak Jokowi menggumumkan kabinet di siang bolong, kenapa? Kalau siang bolong supaya bisa di display menteri-menterinya, supaya teman-teman media ini kameranya enak bagus kalau malam kan gelap," kata Qudari seraya berkelakar. 

Menurut Qudari, Jokowi baru akan mengumumkan kabinetnya pada Rabu (23/10). Sebabm Selasa besok akan ada undangan pengukuhan Kaisar Jepang Naruhito. Tentunya Presiden dan Wakil Presiden diundang menghadiri acara tersebut. 

"Hari Selasa pasti kalau tidak RI 1 (Presiden) ya RI 2 (Wakil Presiden) akan datang ke sana (Jepang). Kalau Presiden benar-benar ke sana, sudah pasti tidak mungkin (Kabinet) diumumkan tidak mungkin pengumuman kabinet dilakukan di Tokyo," tutur Qudari (SN)

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ivanrida
Ivanrida
Ivanrida

Ivanrida

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU