The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menlu Retno Akui Puluhan Ribu WNI Sudah Kembali di Tengah Pandemi Corona
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. (Photo/ANTARA/Wahyu Putro A)
News

Menlu Retno Akui Puluhan Ribu WNI Sudah Kembali di Tengah Pandemi Corona

Kepulangan melalui berbagai moda transportasi.

Senin, 11 Mei 2020 19:16 WIB 11 Mei 2020, 19:16 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengakui sebanyak puluhan ribu warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri sudah pulang atau kembali ke Tanah Air di tengah pandemi Corona atau Covid-19.

Retno Marsudi menyebutkan kalau pemulangan WNI paling banyak berasal dari Malaysia, yakni per tanggal 10 Mei, terdapat 72.966 orang telah kembali ke Indonesia dengan berbagai jalur transportasi.

"Melalui laut 65 persen atau 47.674 orang, melalui jalur darat sebesar 20 persen atau 14.681 orang, dan melalui jalur udara 15 persen atau berjumlah 10.611 orang," ucap Retno dalam video conference di BNPB, Jakarta, Senin (11/5/2020).

Selain itu, Retno mengatakan bahwa terdapat pula WNI yang bekerja di kapal sebagai anak buah kapal (ABK) yang telah dipulangkan ke Indonesia, yaitu sebanyak 14.244 orang.

"Mereka kembali melalui jalur udara yaitu melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, serta melalui jalur laut yaitu melalui Pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok," tambahnya.

Bandara,WNI,Migran
Ilustrasi sejumlah calon penumpang di Bandara. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)

Sementara itu, Retno juga menjelaskan terdapat WNI dari berbagai negara, seperti Arab Saudi, Kuwait, Aljazair, Kairo dan lain-lain telah berhasil dipulangkan ke Indonesia.

"Dari Arab Saudi, tiga kali rombongan kepulangan dengan jumlah total kepulangan 992. Dari Kuwait, telah mendarat semalam sebanyak 164 WNI. Dari Aljazair, para pekerja dari Wika dan lain-lain dengan total 391 orang. Dari Kairo, telah tiba 25 April sebanyak 75 WNI dan masih akan terdapat penambahan untuk Kairo dan Oman sebanyak 333," ungkap Retno.

"Hari ini akan tiba WNI kita dari Bangladesh sejumlah 196 WNI. Selain itu, pada hari ini juga akan tiba 567 awak kapal WNI yang bekerja di tiga kapal pesiar melalui pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok dan bandara Soekarno-Hatta," tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:
TAG
Edi Hidayat
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US